Berita Bekasi Nomor Satu

SMAIT Nurul Fajri Sekolah Unggulan dan Berprestasi

M. Shalahuddin, S.S.I, M.Pd, Kepala SMAIT Nurul Fajri/Ketua MUI Cikarang Barat

RADARBEKASI.ID, BEKASI – SMAIT Nurul Fajri Cikarang Barat berdiri tahun 2017. Sudah Terakreditasi A dengan nilai 93 pada tahun 2019. Lokasi sekolah berada di Jalan Telaga Asih No. 55 B Cikarang Barat. SMAIT Nurul Fajri sudah memiliki Surat Izin Operasional dari DPMPTSP Provinsi Jawa Barat dengan nomor 421.9/KEP.17/1/SMA-DPMPTSP/VII/2019, serta sudah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional 69989763. Dengan akreditasi A yang dicapai oleh SMAIT Nurul Fajri., maka SMAIT Nurul Fajri memiliki kuota 40% masuk ke PTN melalui jalur undangan (SNMPTN/SPAN PTKIN).

Jumlah siswa Angkatan pertama SMAIT Nurul Fajri berjumlah 19 siswa, Angkatan kedua 26 siswa, Angkatan ketiga 46 siswa, Angkatan keempat 41 siswa, dan angkatan kelima 66 siswa. Saat ini jumlah siswa SMAIT Nurul Fajri seluruhnya berjumlah 153 siswa, Alumni SMAIT Nurul Fajri saat ini berjumlah 45 siswa. Siswa Lulusan SMAIT Nurul Fajri banyak yang melanjutkan di PTN seperti Univ. Brawijaya, Univ. Diponegoro, UGM, UPI, UNSIKA, UIN Malang, UIN Cirebon, UIN Jakarta serta Bandung dan beberapa PTN dan swasta lainnya.

Prestasi siswa SMAIT Nurul Fajri yang sudah diraih antara lain: Juara 2. Olimpiade Matematika tingkat Provinsi, Juara 1 Lomba MTQ tingkat Kab. Bekasi, Juara Story Telling Tingkat Kab. Bekasi, Finalis Lomba Film Pendek Anti Korupsi Tingkat Pelajar dan Mahasiswa Se-Jawa Barat, Semi Finalis Lomba Cipta Essai Anti Korupsi Tingkat Pelajar dan Mahasiswa Se-Jawa Barat, serta prestasi yang baru saja diraih Juara 2 Lomba Dai Putih Abu tingkat kab. Bekasi dan Juara 3 lomba gelar inovasi tingkat kab. Bekasi.

Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SMAIT Nurul Fajri berasal dari beberapa PTN seperti UIN Jakarta, UIN Bandung, UPI, UNJ, UNP, Univ. Udayana, Univ. Tadulako Palu, UNPAD dan beberapa PTN serta PTS lainnya. Fasilitas Sarana dan prasarana yang dimiliki SMAIT Nurul Fajri meliputi : Lab. Sains, Lab. Komputer, Lab. Bahasa, lapangan olahraga, ruang kelas ber-AC, tempat ibadah yang luas, tempat cuci tangan, toilet yang bersih, kantin yang bersih dan nyaman, UKS yang lengkap dengan fasilitas dokter dan tenaga perawat, perpustakaan berstandar nasional dengan kelengkapan audio visual yang lengkap, serta lingkungan yang sehat dan bersih untuk mendukung proses pembelajaran.

Kegiatan-kegiatan Ekstrakurikuler di SMAIT Nurul Fajri cukup banyak, seperti ekstrakurikuler : futsal, hadrah/rebana, kaligrafi, marching band, nasyid/band, pramuka, paskibra, PMR, multimedia, memanah, silat/beladiri/taekwondo, basket club, tata boga, english club, arabic club, fisika Club, kimia club, fotografer, jurnalistik dan Kelompok Ilmiah Remaja. Dari kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler ini banyak yang sudah terlaksana dengan baik dan ada yang masih dalam tahap proses rencana dalam pelaksanaanya. Kegiatan-kegiatan OSIS SMAIT Nurul Fajri sangat aktif dalam membantu kegiatan-kegiatan di sekolah.

Pembelajaran di SMAIT Nurul Fajri saat ini sudah normal full day school dari jam 07.15-16.00., seluruh siswa beserta tenaga pendidik dan kependidikan sudah divaksin 100%. SMAIT Nurul Fajri berusaha semaksimal mungkin mengembangkan kurikulum secara terintegrasi, berkesinambungan dan menyeluruh. Dalam mengembangkan pendidikan, SMAIT Nurul Fajri berpedoman kepada konsep pendidikan pembelajaran abad 21 “Socio Religious Contextual Vertically And Or Horizontally Integrated Subject Matters And Related Technology”. Sebuah konsep pembelajaran kontekstual dari subyek yang dipelajari yang mengaitkan hubungan sosial dan religius ditinjau dari aspek teknologi terapan. Konsep ini diharapkan mendidik anak tidak hanya hafal dengan subyek bahasan tapi memahami dan mengaitkannya dengan kehidupan nyata dari aspek agama. Dengan demikian peserta didik dibekali dengan ilmu yang saling berkaitan dalam kehidupan nyata dilandasi pembahasan agama yang kuat untuk menjadi anak yang berilmu dan berakhlaq baik.

Pembelajaran di SMAIT Nurul Fajri menanamkan empat pilar pendidikan; Studi Islam, Akademis, Interpersonal skill dan kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa arab dan inggris. Studi Islam diarahkan agar peserta didik bisa membaca al-qur’an dengan baik dan benar, hafal alqur’an khususnya juz 28-30 serta dapat mengembangkan wawasan keagamaan yang luas dan mengamalkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga lahir para lulusan dengan memiliki pribadi-pribadi yang sholeh dan siap menjadi pemimpin. Bidang Akademis dimaksud untuk mengembangkan intelektual siswa yang melahirkan pribadi yang rasional, objektif dan kemampuan bernalar melalui berbagai bidang studi dan kurikulum sekolah yang ditetapkan oleh Kemendikbud dan Yayasan. Interpersonal Skill diarahkan untuk mengembangkan kemampuan setiap individu siswa sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. Kemampuan berbahasa Arab dan Inggris sebagai alat kemampuan berkomunikasi antar sesama dan untuk menguasai peradaban dunia.

 

Empat pilar ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nurul Fajri untuk melahirkan anak didik yang unggul secara kaffah yakni islamic studies, akademis, life skill serta kemampuan berbahasa asing khususnya arab dan inggris serta memiliki akhlakul karimah yang berkualitas tinggi dalam mencapai kehidupan yang bermartabat dan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain sekitarnya.

Administrasi Data Pokok Pendidik SMAIT NURUL FAJRI saat ini sudah lengkap sesuai aturan KEMENDIKBUD., dua tahun berdiri sudah mendapatkan idzin operasioanal dan terakreditasi A. SMAIT Nurul Fajri satu-satunya sekolah di wilayah Cikarang Barat, Cibitung, Setu dan Tambelang yang terakreditasi A, hal ini membuktikan bahwa SMAIT Nurul Fajri fokus dan serius menjadi Sekolah Unggulan dan Berprestasi di Kabupaten Bekasi.

Test PPDB di SMAIT Nurul Fajri akan dilaksanakan pada hari sabtu, 29 Januari 2022. Yayasan Al-Hijrah Nurul Fajri memberikan diskon spesial 75% bagi siswa yang daftar sampai akhir januari 2022. Mari daftarkan putra/putrinya bergabung Bersama kami di SMAIT Nurul Fajri Cikarang Barat. Sekolah unggulan dan berprestasi menjadi mitra terbaik keluarga untuk mendidik Generasi Unggulan yang kuat dan Berakhlakuk Karimah. (*)

Wallahu A’lam Bi Ash-Shawab.


Solverwp- WordPress Theme and Plugin