Berita Bekasi Nomor Satu

PBB Nyatakan 351 Orang Tewas Korban Invasi Rusia ke Ukraina

Kebakaran terlihat di area perumahan di Mariupol di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Foto: Reuters

RADARBEKASI.ID, KIEV – Perserikatakan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut, sedikitnya 351 orang di Ukraina dipastikan tewas dan 707 lainnya mengalami luka sejak pasukan Rusia melancarkan serangan pada 24 Februari, meski angka sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi, Sabtu (5/3).

Tim pemantau OHCHR menyebutkan, sebagian besar korban sipil tewas akibat penggunaan senjata peledak, termasuk penembakan dari artileri berat dan sistem peluncur banyak roket serta serangan udara. Akibatnya, area terdampak pun meluas.

OHCHR adalah kantor komisioner tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) urusan hak asasi manusia.

“OHCHR meyakini bahwa jumlah (korban) yang sesungguhnya jauh lebih tinggi, terutama di wilayah kekuasaan Pemerintah dan dalam beberapa hari belakangan, sebab perolehan informasi dari sejumlah titik perang tertunda dan banyak laporan yang masih menunggu konfirmasi,” katanya.

Misi itu menyebutkan bahwa dugaan soal ratusan korban jiwa berjatuhan di Volnovakha belum dikonfirmasi. Di kota itu, jalur evakuasi yang aman sedang diupayakan untuk melewati pengepungan pasukan Rusia.

Sebelumnya, warga sipil diizinkan meninggalkan kota Mariupol, Ukraina, selama lima jam pada Sabtu (5/3) pukul 16-21 WIB.

Kantor berita Rusia RIA melaporkan, sebelumnya, Rusia menyebutkan, pasukannya yang telah mengepung kota pelabuhan di tepi Laut Azov itu akan menghentikan serangan dan mengizinkan warga sipil untuk melintas.

Wali kota Mariupol Vadym Boychenko pada Jumat meminta bantuan militer karena kota itu kehabisan air minum, listrik dan bahan bakar untuk pemanas, sementara persediaan makanan juga mulai menipis.

Dia juga meminta adanya “koridor kemanusiaan” agar dapat mengevakuasi 400 ribu penduduk setelah kota itu dibombardir oleh pasukan Rusia selama lima hari. “Kami benar-benar sedang dihancurkan,” kata Boychenko dalam siaran televisi.

Dia menggambarkan serangan Rusia sebagai aksi tak pandang bulu karena menyerang kawasan permukiman dan rumah sakit.

“Mereka ingin melenyapkan Mariupol dan penduduk Mariupol dari muka bumi,” katanya.

Rusia telah mengatakan bahwa aksi militernya tidak dirancang untuk menduduki Ukraina tapi menghancurkan kemampuan militer negara tetangganya itu dan menangkap orang-orang “nasionalis berbahaya”. Moskow membantah membidik warga sipil.

Tentara Ukraina sedang berusaha mempertahankan Mariupol tapi membutuhkan dukungan yang cukup, kata wakil komandan unit militer Azov, bagian dari Garda Nasional Ukraina.

“Ini adalah kota terakhir yang mencegah terbentuknya koridor darat dari Rusia ke Krimea,” kata dia di kanal resmi Azov di Telegram, seraya mengenalkan dirinya dengan nama panggilan “Kalyna”.

“Mariupol tidak boleh jatuh,” katanya.

Sejumlah penduduk Mariupol telah menyelamatkan diri ke pusat kota untuk menghindari serangan roket di kawasan pinggiran, kata Ivan Yermolayev.

Pengusaha berusia 30 tahun yang berlindung di ruangan kecil di bawah rumahnya itu ikut antre untuk mendapatkan air dari sebuah sumur.

“Mereka membawa anak-anak mereka ke pusat (kota) dan mendengar perang semakin dekat,” katanya kepada Reuters lewat pesan daring. “Ada tangisan, ketakutan, ketidakpastian, kepanikan,” kata Yermolayev. (wsa)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin