KPU Mulai Sosialisasi Tahapan Pemilu

FOTO BERSAMA : Sejumlah komisioner KPU Kota Bekasi foto bersama dengan pengurus DPC PPP Kota Bekasi, kemarin.ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, mulai melakukan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 ke Partai Politik (Parpol). Sosialisasi dilakukan dengan cara mendatangi setiap kantor Parpol.

“Dari seluruh parpol peserta Pemilu yang ada di Kota Bekasi, setidaknya sudah tiga parpol yang telah kita kunjungi. Pertama, PAN pada 27 Februari 2022 lalu, diikuti PPP tanggal 16 Maret, dan sehari kemudian PDI Perjuangan tepatnya pada 17 Maret 2022 kemarin,” kata Komisioner divisi KPU Kota Bekasi, Pedro Purnama saat dihubungi Radar Bekasi, Minggu (20/3).


Pedro mengaku, kepada Parpol pihaknya menjelaskan jadwal tahapan Pemilu 2024, dimulai dengan tahapan verifikasi partai politik dan penetapan daerah pemilihan (Dapil) yang dimulai pada Agustus, Oktober hingga Februari 2023 mendatang.

“Tapi, detail menunggu petunjuk teknis KPU RI baru yang akan dilantik. Akan tetapi, saat  kunjungan khususnya ke DPC PPP ada usulan dari mereka supaya dapat melakukan kajian dan meminta ke KPU merubah Dapil di Kota Bekasi dari 6 menjadi 5 Dapil, untuk jelasnya silahkan dikonfirmasi langsung,”ungkapnya.


KPU juga meminta parpol berperan aktif bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mendata para penduduk ber KTP Kota Bekasi, agar data dari pemilih semakin akurat berkualitas.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni menambahkan, kunjungan jajaran KPUD ke parpol ini tujuan paling utama yakni silaturahmi menjelang tahapan dari Pemilu 2024 mendatang..

“Intinya, kita ingin bersilaturahmi ke seluruh jajaran pengurus parpol yang bakal menjadi calon peserta Pemilu 2024 nanti, sekaligus dalam rangka mensosialisasikan tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan dan dijalani oleh mereka pasca ditetapkan pelaksanaan pemungutan suara oleh KPU RI 14 Februari 2024 mendatang,” ujar Nurul. (mhf)