Berita Bekasi Nomor Satu

Petakan Potensi Kerawanan Pemilu

FOTO BERSAMA : Komisioner KPU Kota Bekasi bersama belasan anggota brimob saat foto bersama. Mereka baru saja memetakan potensi kerawanan pada pemilu 2024 nanti. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Belasan personil Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, menggeruduk Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Kamis (24/3/2022). Kedatangan mereka untuk mengetahui potensi kerawanan dan pengamanan saat Pemilu 2024 nanti.

“Kami membicarakan soal potensi-potensi pengamanan saat pemilu. Karena setiap Pemilu kita selalu dibantu oleh Brimob di dalam pengamanan di lokasi KPU maupun lainnya, Yang kunjungan ke KPU sekitar 15 personil,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin kepada Radar Bekasi, Kamis (24/3/2022).

Kata Jajang, pengamanan sangat dibutuhkan pada saat rekapitulasi dan pengawalan logistik. Pasalnya, persoalan distribusi di Kabupaten Bekasi ini ada wilayah-wilayah yang perlu pengamanan dari sisi geografis dan psikologi kedaerahan, seperti di Muaragembong.

“Kalau cuaca tidak mendukung atau situasi bencana banjir dan sebagainya, logistik terhambat. Maka dari itu butuh pengamanan agar logistik bisa betul-betul steril dan aman,” katanya.

Sementara, pada saat rekapitulasi di kantor KPU, banyak publik yang ingin melihat langsung dinamika proses penghitungan rekapitulasi di kantor KPU. Sehingga membutuhkan personil yang banyak untuk standby di kantor KPU. Seperti yang terjadi pada Pemilu 2019 lalu.

“Pada Pemilu 2019 cukup banyak Brimob yang berjaga di KPU, sampai mendirikan tenda. Karena banyak publik yang ingin melihat langsung dinamika proses penghitungan rekap di kantor KPU,” tuturnya.

Hanya saja saat proses-proses tahapan awal tidak membutuhkan banyak personil, mengingat Kabupaten Bekasi kondusif. “Kalau pada saat proses-proses tahapan awal, biasanya tidak pakai banyak personil pengamanan, karena cenderung kondusif Kabupaten Bekasi, enggak pernah ada konflik (kerusuhan),” jelasnya.

Untuk sekarang dirinya mengaku, masih menunggu peraturan KPU mengenai tahapan Pemilu. “Kalau sekarang belum ada tahapan. Kita ngomong, bahwa hari ini belum ada tahapan Pemilu,” katanya. (pra)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin