10 Tahun Mudik Gowes Sepeda ala Salikun Angel

Salikun Angel (62) pemudik sepeda asal Jakarta menuju Kebumen, Jawa Tengah saat melintasi jalur arteri Kota Bekasi, Kamis (28/4) malam. Foto Roby/RADARBEKASI.ID

 

 


RADARBEKASI.ID, BEKASI – Jelang Lebaran Idulfitri 1443 Hijrah, beragam cara pun ditempuh bagi para pemudik untuk dapat kembali ke kampung halaman. Mulai dari menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan kendaraan umum.

Berbeda dengan Salikun Angel (62). Pria paruh baya yang memilih mudik dari Jakarta menuju Kebumen, Jawa Tengah menggunakan sepeda agar lebih sehat.


Ia pun mengaku sudah hampir satu dekade mudik menggunakan sepeda.

“Saya menggunakan sepeda untuk mudik guna membudayakan hidup sehat ya, terutama untuk diri sendiri dan untuk lingkungan. Terhitung dari 2002 saya sudah mengunakan sepeda untuk mudik ke Kebumen,” ucapnya saat ditemui di Jalan Arteri Mega City, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (28/4) malam.

Adapun kebutuhan yang disiapkan oleh Angel yang diperlukan selama perjalanan mudik menggunakan sepeda seperti ban cadangan, batre lampu, selang air, pompa ban, kompor portabel, serta pakaian.

Angel mengaku selalu berpuasa selama perjalanan. Karena selama perjalanan menuju Kebumen, Angel menggunakan siang hari untuk beristirahat. Lalu ia melanjutkan kembali perjalanan pada malam hari.

“Kalau siang saya tidur istirahat, nanti berangkat lagi Ashar, terus istirahat goes lagi malam hari,” pungkasnya.

Adapun estimasi dua sampai tiga yang ditempuh oleh Angel selama perjalanan menuju Kebumen terhitung dengan istirahat istirahat di beberapa tempat singgah.

“Kalau sekarang bisa tiga hari, tapi kalau dulu dulu bisa 40 jam 35 jam sudah sampai, sekrang sudah tua saya,” ujar Angel. (cr1)