Belajar Buat Komik

Aprio Pandu Giarto

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa SMKN 15 Kota Bekasi bernama lengkap Aprio Pandu Giarto (16) ini sedang belajar membuat komik. Harapannya, ia bisa menghasilkan karya yang disukai banyak orang.


Pelajar yang akrab disapa Aprio ini menjelaskan, ketertarikannya pada gambar bercerita tersebut.

“Saya mulai tertarik karena sering nonton kartun anime,” ujar Aprio.


Beberapa teknik dasar dalam membuat sebuah komik ia pelajari. Seperti membuat cerita, menentukan karakter, dan membuat sketsa komik yang akan dibuat. Teknik tersebut Aprio pelajari satu persatu.

“Teknik dasarnya adalah membuat cerita dulu, menurut aku kalo kita udah punya konsep cerita. Untuk menggambarnya juga akan lebih mudah,” ucapnya.

Baginya, dalam membuat komik ada beberapa kesulitan yang dihadapi. Antaralain menentukan sebuah ide cerita. “Ide cerita paling susah, karena membuat alur cerita yang menarik itu susah banget. Apalagi komik itu gambar bercerita, yang artinya gambar dan ceritanya gak boleh monoton dan membuat pembacanya bosen,” tuturnya.

Kendati demikian saat ini dirinya sudah berhasil membuat komik dengan konsep “Iklan Buku Kenangan”. Dari situlah kemampuannya dapat diasah.

“Saya sudah berhasil membuat komik dengan banyak delapan lembar, jadi sedikit demi sedikit sudah bisa membuat alur gambar bercerita,” katanya. Ia berharap kemampuannya dalam membuat komik bisa terus diasah. Sehingga dirinya dapat membuat sebuah karya yang disukai oleh banyak orang. (dew)