Berita Bekasi Nomor Satu

Parpol Mesti Melek Teknologi

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi memkinta setiap Partai Politik menyiapkan orang yhang menguasai Informasi dan Teknologi (IT). Pasalnya, saat pendaftaran nanti melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin mengatakan, dalam regulasi pendaftaran partai politik itu terpusat di KPU RI. Sehingga, tidak ada lagi proses pendaftaran di KPU kabupaten/kota. Nantinya, dokumen-dokumen yang dijadikan dasar administrasi setiap partai politik di KPU RI, akan dilakukan pengecekan atau verifikasi oleh KPU kabupaten/kota.

“Verifikasi itu disebar ke masing-masing kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Bekasi. Nanti partai politik Kabupaten Bekasi akan kita lakukan verifikasi sesuai dengan perintah KPU RI,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (16/6).

Menurutnya, proses pendaftaran partai politik Sipol ini melalui sistem. Oleh karena itu kata Jajang, setiap partai politik harus menyiapkan orang yang menguasai Informasi dan Teknologi (IT). Nantinya orang tersebut akan mengikuti Bimtek dari KPU Kabupaten untuk melakukan itu (pendaftaran melalui Sipol).

“Pendaftaran partai politik Sipol ini melalui sistem, maka kita latih, kita kasih tahu caranya. Mangkanya kita minta harus ada yang bisa menguasai IT Nanti ada Bimtek dari KPU Kabupaten untuk melakukan itu,” ucapnya.

Dirinya menuturkan, dengan launchingnya tahapan menandakan bahwa Pemilu di mulai. Secara tahapan tanggal 14 Juni 2022 ini diawali proses perencanaan dan penganggaran, yang memang domainnya masih di KPU RI.

“Karena itu domain KPU RI maka selanjutnya kita tinggal menunggu juknis apa yang kita lakukan, sesuai dengan tahapan dari KPU RI,” ucapnya.

Dirinya juga akan melakukan konsolidasi di internal dan koordinasi dengan pemerintah daerah maupun calon peserta Pemilu, karena memang harus melakukan pendaftaran kembali. Karena memang, setiap divisi sudah mulai bergerak.

“Sekarang semuanya sudah mulai bergerak. Kita melakukan sosialisasi mengenai persiapan pendaftaran. Kemarin kita sudah menghadiri rapat koordinasi di Bawaslu dengan Sentra Gakkumdu,” jelasnya. (pra)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin