Momentum Jaga Asa

SELEBRASI : Hokky Caraka Bintang Brilliant (tengah) melakukan selebrasi bersama pemain timnas lainya usai mencetak gol kegawang Brunai Darussalam saat laga Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Senin (4/7). Timnas Indonesia menang telak 7-0 melawan Brunai Darussalam. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Lawan berat bakal kembali dihadapi Timnas Indonesia U-19 pada lanjutan pertandingan Piala AFF U-19 2022. Skuad Garuda Nusantara akan melawan Thailand U-19 hari ini pukul 20.00 WIB di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. Laga ini menjadi momentum menjaga asa untuk lolos ke semifinal.

Untuk menghadapi Thailand, Timnas Indonesia U-19 berada di momentum positif usai melumat Brunei Darussalam U-19 pada matchday kedua.Tak tanggung-tanggung, Timnas Indonesia U-19 mencukur lawannya itu dengan skor telak 7-0 pada Senin (4/7) malam WIB.


Laga ini penting bagi Indonesia dan Thailand karena bisa menentukan posisi puncak klasemen di Grup A. Tim Merah Putih bisa di posisi teratas jika menang atas Thailand, namun harus melihat juga hasil Vietnam.

Namun, jika kalah dari Thailand, peluang Indonesia tergusur dari posisi kedua saat ini juga terbuka lebar, terutama jika Vietnam menang atas Brunei dan Myanmar kalahkan Filipina.


Ya, Thailand menjadi tim yang paling mulus langkahknya sejauh ini di Piala AFF U-19 2022. Pasukan Salvador Valero Garcia mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan sekaligus mengunci posisi puncak.

Thailand unggul dua poin dari Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam yang membayangi. Jadi, Timnas U-19 wajib mengalahkan Thailand untuk bisa menjaga harapan menuju semifinal tetap ada.

Melawan Thailand yang saat ini sudah meraih dua kemenangan dan menjadi pimpinan klasemen sementara Grup A, jelas kualitas dan tingkat kesulitan akan berbeda dengan saat melawan Brunei.

Hal ini pun disadari oleh Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Seltan itu bahkan kedapatan memata-matai pertandingan Thailand U-19. “Tim paling kuat di grup kami ialah Thailand dan Vietnam. Lawan Vietnam kami main baik, nanti lawan Thailand kami sudah mempersiapkan tim dengan baik,” katanya.

Menurut Shin Tae-yong, Thailand merupakan tim paling kuat saat ini di Asia Tenggara sehingga meminta Timnas Indonesia U-19 mati-matian berjuang di laga nanti. Satu yang disorot Shin Tae Yong ialah soal pertahanan Thailand yang sejauh ini mereka belum kebobolan menghadapi tim yang lumayan bagus seperti Filipina dan Myanmar.

Nah, untuk meraih hasil maksimal di laga nanti, Shin Tae-yong sudah pasti bakal memasang pemain-pemain terbaik Timnas Indonesia U-19.Untuk urusan formasi, Shin Tae-yong kembali berpotensi memasang skema 4-4-2. Cahya Supriadi nampaknya masih tidak akan tergantikan sebagai penjaga gawang.

“Permainan makin membaik. Umpan-umpan juga terlihat kian membahayakan gawang lawan. Tetap jaga kondisi agar bisa tampil lebih paten saat menghadapi Thailand,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan pun memahami ketika beberapa pemain ditarik untuk digantikan pemain lain. Itu dilakukan selain menghindari cedera juga untuk menjaga fisik pemain.

“Bermain dua kali sehari pasti menguras fisik pemain. Jadi bagus ketika kita sudah unggul banyak, kemudian dilakukan pergantian pemain starter,” imbuh Iriawan.

Sementara itu, Pelatih Thailand Salvador Valero Garcia mengakui, sudah memantau Timnas Indonesia U-19 sejak berlaga di Toulon Cup 2022. Namun, Salvador Valero Garcia sadar Timnas U-19 saat ini jauh berbeda dari yang ada di turnamen sebelumnya.

“Saya harus membuat antisipasi dan menganilisis pertandingan mereka saat melawan Vietnam serta Brunei,” tegas Salvador Valero Garcia.

Laga timnas U-19 Indonesia versus Thailand diprediksi akan berlangsung ketat dari awal hingga akhir pertandingan.Melihat performa timnas U-19 Indonesia dalam dua laga awal, skuad Garuda Nusantara berpotensi menyulitkan Thailand.

Apalagi dalam laga besok para pemain timnas U-19 Indonesia juga mendapatkan suntikan motivasi dari para suporter yang memenuhi Stadion Patriot Candrabhaga. Setelah melawan Thailand, Indonesia akan menghadapi Filipina (8/7) dan melawan Myanmar (10/7). Semua laga itu akan dipertandingkan di Stadion Patriot Candrabhaga.(mif/net)