Banparpol, Pj Bupati Minta Izin ke Kemendagri

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Proses usulan kenaikan dana Bantuan Keuangan Partai Politik (Banparpol) di Kabupaten Bekasi hanya tinggal menunggu persetujuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), setelah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyetujui usulan tersebut.


“Sekarang saya sedang meminta izin, karena kan Pj itu harus ada izin tertulis dari Mendagri, untuk menandatangani peraturan bupati. Nah ini ijin tertulisnya sedang diajukan,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan kepada Radar Bekasi, Kamis (14/7/2022).

Menurutnya, untuk kenaikan Banparpol proses verifikasinya cukup panjang. Dimana, usulan kenaikan Banparpol sudah berproses sebelum dirinya ditunjuk sebagai orang nomor satu di Kabupaten Bekasi. Kemudian, setelah dipercaya sebagai Pj Bupati Bekasi, hanya tinggal finalisasi di provinsi.


“Kenaikan Banparpol proses verifikasinya panjang, sebelum saya masuk sudah berproses. Jadi saat saya masuk tinggal finalisasi di provinsi,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dirinya terima dari provinsi Jawa Barat, sepanjang standard minimum anggaran untuk enam SPM, seperti urusan Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan umum dan penataan ruang, Perumahan rakyat dan kawasan permukiman, Ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat, maupun Sosial, dapat terpenuhi. Maka boleh untuk meningkatkan bantuan partai politik.

“Memang sempat revisi anggaran-anggaran itu. Setelah itu ternyata masih ada kemampuannya, maka disetujui oleh Gubernur, untuk kenaikan anggaran bantuan parpol sebagaimana yang tercantum di Perbup sekarang,” tuturnya.

Mengenai kurangnya pendidikan politik yang di Kabupaten Bekasi, menurutnya karena salah satu faktor kurang maksimalnya partai politik dalam pendidikan politik, karena kapasitas anggaran. Diharapkan, dengan adanya kenaikan Banparpol ini bisa menjadi solusi.

“Mudah-mudahan dengan adanya tambahan ini peran-peran untuk pendidikan politik, rekrutmen politik, dan peran partai lainnya sebagai penyerap aspirasi rakyat bisa semakin optimal,” harapnya.

Sejauh ini dirinya menuturkan, laporan pertanggungjawaban dari partai politik mengenai penggunaan anggaran Banparpol semuanya memenuhi syarat. Kata Dani, itu salah satu alasan kenaikan Banparpol.

“Kami juga mengecek bagaimana pertanggungjawaban bantuan parpol selama ini, saya dapatkan dari BPK. Ternyata semuanya sudah memenuhi syarat laporan pertanggungjawaban. Itu juga yang mendorong untuk meningkatkan anggaran. Karena tata kelola nya di partai-partai sudah cukup baik,” katanya. (pra)