Berita Bekasi Nomor Satu
BUMN  

PLN Bekasi Beri Bantuan Ribuan Mangrove

PLN Bekasi memberi bantuan ribuan tanaman mangrove, Kamis (28/7).

 

RADARBEKASI.ID, TARUMAJAYA – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi Bekasi memberikan bantuan ribuan pohon mangrove terhadap para nelayan yang tergabung ke dalam Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang berada di Tarumajaya, Kamis (28/7/2022). Dimana, ribuan pohon mangrove ditanam pesisir sekitar lokasi Jembatan Cinta yang berada di Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya.

“Jadi kegiatan kami hari ini adalah memberikan bantuan ke kelompok masyarakat pengawas yang bergerak di bidang penanaman pohon mangrove di pesisir pantai. Kami menyerahkan dua ribu pohon mangrove,” ujarnya Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi Bekasi, Yaya Supriman, kepada Radar Bekasi.

Tujuannya pemberian bantuan pohon mangrove ini, kata Yaya, untuk pelestarian lingkungan. Kemudian untuk perkembangan biota laut, dan lain sebagainya. Terpenting, untuk mencegah terjadinya abrasi di pesisir pantai.

“Untuk pelestarian lingkungan, kemudian biota laut, dan lain sebagainya. Sehingga garis-garis pantai tersebut bisa terbebas dari abrasi,” katanya.

Di samping itu, dirinya juga memberikan sosialisasi mengenai manfaat dan bahaya listrik, yang bertempat di pelelangan ikan muara tawar. Diharapkan, dengan sosialisasi tersebut nelayan lebih mengerti bahaya-bahaya listrik, agar bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Supaya nelayan lebih memahami mengenai bahaya apa saja yang timbulkan oleh jaringan listrik tersebut. Sehingga apabila mereka sudah mengetahui bisa mencegahnya hal-hal yang tidak di inginkan. Harapan kami seperti itu,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pokmaswas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Agus Arif Setiawan menuturkan, pohon mangrove sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat pesisir, yang memang mayoritas bekerja sebagai nelayan. Seperti mencegah abrasi, membantu Perkembangbiakan biota laut, banyak masih manfaat lainnya.

“Alhamdulilah hari ini PT PLN memberikan bantuan dua ribu bibit mangrove. Kami berharap bukan hanya seremonial, tapi kegiatan perawatannya berkelanjutan. Artinya, ketika kita tanam, harus dirawat. Karena mangrove banyak manfaatnya untuk masyarakat pesisir,” ungkapnya. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin