RK Turut Andil Merancang Perkantoran Pemkab Bekasi

POTONG TUMPENG : Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, B.N Holik, memotong tumpeng disaksikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, saat sidang paripurna peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Bekasi, di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Senin (15/8). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-72 Kabupaten Bekasi yang jatuh pada 15 Agustus 2022, berbagai kegiatan dihelat untuk memeriahkan daerah yang memiliki kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, didampingi Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Ketua DPRD KAbupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah, pejabat di lingkungan Pemkab Bekasi, dan unsur Forkopimda yang berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Senin (15/8).


Dalam sambutannya pada sidang paripurna peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Bekasi yang berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Senin (15/8), Ridwan Kamil menceritakan, dirinya turut andil dalam pembangunan Kompleks Pemkab Bekasi ini.

Menurut pria alumni dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ini, Wikanda Darmawijaya yang menjadi bupati kala itu, berkonsultasi dengan pakar arsitek dan perancang dari ITB, Mohammad Danisworo. Konsultasi itu berkaitan dengan perancangan Komplek Pemkab Bekasi, di Cikarang Pusat, yang saat ini digunakan.


Ketika itu, Danisworo menginstruksikan mahasiswanya, untuk mendesain komplek Pemkab Bekasi tersebut, yang berbentuk segi lima. Rupanya, mahasiswa yang dimaksud itu adalah Ridwan Kamil.

“Sewaktu Pak Wikanda ingin membangun pusat pemerintahan ini, kalau tidak salah, beliau berkonsultasi ke ITB untuk mendesain segi lima. Beliau berkonsultasi pada Profesor Doktor Danisworo. Nah Profesor Danisworo itu kemudian menugaskan salah satu mahasiswanya untuk menggambar pusat Pemkab Bekasi, dan si mantan mahasiswanya itu sekarang menjadi Gubernur Jawa Barat,” ujar pria yang akrab disapa RK ini, di hadapan para Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dan para tamu undangan.

Sambutan itu pun lantas disambut dengan keriuhan tepuk tangan para peserta siding dan tamu undangan.

“Jadi bapak ibu, ada garis tangan saya di ruangan ini, di Alun-alun depan dari imajinasi waktu saya jadi mahasiswa,” terang RK.

Dari ceritanya saat masih menjadi mahasiswa itu, RK mengaku memiliki rasa kebenggaan tersendiri bagi warga Kabupaten Bekasi. Apalagi, bukan hanya Komplek Pemkab Bekasi yang didesain olehnya, melainkan beberapa kawasan industri dan perumahan, seperti Grand Wisata Tambun, Jababeka dan Delta Mas.

“Di luar bangunan Pemkab Bekasi, saya juga mendesain Grand Wisata, Jababeka edisi keduanya, dan mendesain Kota Deltamas, termasuk gerbang yang berbentuk bulat itu, merupakan torehan pribadi yang pernah saya lakukan di tempat istimewa ini,” bebernya.

RK juga menyampaikan harapannya agar Kabupaten Bekasi semakin maju. Lebih dari itu, keberadaan kawasan industri yang ada, harus memberi manfaat bagi warga Bekasi.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati, Dani Ramdan menuturkan, pihaknya sudah memprioritaskan empat program pembangunan. Keempat program itu, yakni pembangunan infrastruktur, pengentasan pengangguran, pemulihan ekonomi dan reformasi birokrasi.

“Ini yang menjadi program prioritas kami, dengan tujuan untuk mensejahterakan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi,” ucap Dani. (and)