Tips Liburan ke Luar Negeri Agar Aman dan Nyaman

 

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Setelah pandemi virus Corona mereda, beberapa negara mulai mempermudah akses untuk para wisatawan berlibur ke negaranya. Jadi sudah siapkah Anda liburan ke luar negeri?


Tentu liburan selalu menjadi hal menyenangkan untuk melepas penat setelah setiap hari berada dalam rutinitas yang sama. Apalagi, jika bisa mengunjungi negara yang telah lama diidam-idamkan.

Namun liburan ke luar negeri selain menyenangkan juga memiliki tantangan tersendiri yang bagi sebagian orang terasa mengkhawatirkan.


Terlebih, jika merupakan pertama kali liburan ke luar negeri atau sudah lama tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

Agar liburan ke luar negeri tetap aman dan nyaman, maka salah satu hal penting dilakukan adalah menyiapkan asuransi perjalanan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih asuransi jiwa dan ridernya agar perjalanan sampai tujuan dan pulang kembali ke Tanah Air aman dan nyaman.

Cek Masa Aktif Paspor
Paspor merupakan identitas yang berlaku ketika Anda berkunjung ke negara orang, karena itu sangat penting menyiapkan paspor ketika ingin liburan ke luar negeri.

Paspor dibutuhkan mulai dari pembelian tiket hingga check in penginapan di luar negeri.

Jika belum memiliki paspor Anda dapat membuatnya ke kantor imigrasi. Jika pun sudah pernah membuat paspor sebelumnya, Anda perlu memastikan paspor masih aktif.

Selain itu untuk berjaga-jaga dari risiko kehilangan buat beberapa salinan paspor dan simpan secara terpisah.
Jadi jika terjadi kehilangan ketika di luar negeri, Anda masih memiliki salinannya dan bisa segera mengajukan penerbitan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) sebagai pengganti paspor yang hilang.

Siapkan Visa pada Negara yang Membutuhkan
Selain paspor, Anda perlu menyiapkan visa pada perjalanan ke negara-negara yang mengharuskan.

Jadi cek apakah negara tujuan Anda membutuhkan visa atau tidak, jika iya segera urus visa ke kedutaan negara tujuan.

Beberapa negara membebaskan kunjungan tanpa visa, namun tetap ada batas waktu tinggal, untuk mengetahuinya Anda dapat mengecek informasi ke kantor kedutaan negara tujuan.

Khusus jika Anda ingin mengunjungi negara-negara di benua Eropa, Anda hanya membutuhkan Visa Schengen sudah bisa melintasi berbagai negara di benua tersebut.

Siapkan Asuransi Perjalanan
Sering diabaikan padahal memberikan keuntungan untuk mengurangi risiko kerugian yang mungkin terjadi dalam perjalanan Anda.

Memiliki asuransi perjalanan dapat memberikan jaminan terhadap berbagai risiko, mulai dari pembatalan tiket, kehilangan bagasi, pencurian, kecelakaan hingga kondisi medis tertentu.

Mengalami hal tidak menyenangkan di negara orang kerap kesulitan untuk mengambil tindakan. Asuransi perjalanan memberikan kemudahan untuk segala kemungkinan kerugian yang dialami.

Ada banyak macam asuransi perjalanan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, mulai Komprehensif, evakuasi medis, kesehatan perjalanan, asuransi jiwa dan lainnya.

Siapkan Transportasi dan Akomodasi
Demi kenyamanan perjalanan Anda, penting untuk menyiapkan transportasi dan akomodasi yang dibutuhkan.

Sekalipun Anda terbiasa traveling dadakan, pada perjalanan ke luar negeri dua hal tersebut sebaiknya disiapkan.

Selain untuk kenyamanan, persiapan jauh hari dapat menghemat pengeluaran dengan mencari promo harga murah. Semakin mepet waktu pembelian dengan keberangkatan, harga dapat semakin naik.

Penawaran promo dan diskon biasanya tersedia jauh-jauh hari, bisa enam bulan sebelum keberangkatan.

Buat Rencana Perjalanan
Agar waktu libur yang terbatas tidak sia-sia, Anda dapat memaksimalkannya dengan membuat rencana liburan sebelum pergi.

Lakukan riset tempat mana saja yang menarik dikunjungi, transportasi yang dibutuhkan, penginapan hingga perkiraan waktu.

Memilih tempat-tempat yang berdekatan dapat menghemat waktu perjalanan. Untuk mengetahui semuanya Anda dapat mengunjungi website traveller atau website terkait lainnya.

Siapkan Mata Uang Asing
Terakhir yang juga tidak boleh dilupakan menukar uang dalam bentuk mata uang negara tujuan.

Selain agar tidak kesulitan mencari money changer di negara orang, juga menghindari kerugian kurs penukaran.

Hindari juga menukar uang di bandara karena biasanya lebih mahal. Selain itu hindari menukar uang dalam pecahan besar, karena Anda pasti membutuhkan uang kecil untuk berbagai transaksi seperti ongkos transportasi dan lainnya.

Itu dia tips yang penting disiapkan untuk liburan ke luar negeri agar selalu aman dan lebih nyaman.

Selain itu, sangat penting untuk mematuhi aturan dan menghormati budaya setempat saat liburan di negara orang.

Jadi, sudah siap menghabiskan liburan dengan menyenangkan? (*/)