Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Dorong Pemulihan Ekonomi, BCA UMKM Fest 2022 Kembali Dihelat

Direktur BCA, Antonius Widodo Mulyono

 

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menghelat BCA UMKM Fest 2022.
Tercatat lebih dari 1.000 UMKM meramaikan kegiatan tersebut. BCA UMKM Fest yang digelar hybrid ini, juga ada kegiatan offline pada 12-14 Agustus 2022, di Gandaria City, Jakarta. Sementara event daring (online) dilaksanakan pada 12 Agustus hingga 12 September 2022, di umkmfest.bca.co.id.
Direktur BCA, John Kosasih menyampaikan, sebagai institusi yang lekat dengan masyarakat, BCA berkomitmen mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang.
Melalui BCA UMKM Fest, pihaknya menyediakan ruang berkarya bagi pegiat UMKM.
“Penyelenggaraan BCA UMKM Fest ini bukan hanya mendorong perkembangan pelaku UMKM dan industri kreatif memenuhi pasar domestik, tapi juga membuka peluang go international melalui kegiatan Business Matching yang ada dalam rangkaian kegiatan ini,” beber John dalam keterangan tertulis yang diterima radarbekasi.id, Jumat (9/9).
Dalam kegiatan Business Matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center, dan Bank Koresponden mempersembahkan 86 UMKM untuk mendapatkan kesempatan ke dalam pasar internasional.
BCA turut menggandeng pelaku UMKM dan industri kreatif yang bergerak di berbagai industri, seperti makanan dan minuman, hobi, fashion, hingga kesehatan dan kecantikan.
Selain para pelaku UMKM nasabah BCA, kegiatan BCA UMKM Fest juga diikuti oleh lebih dari 300 pelaku UMKM binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, BI, dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada.
BCA juga menggandeng mitra e-commerce, yaitu Blibli dan Grab yang juga memiliki tujuan yang sama untuk memajukan UMKM di Indonesia.
Bagi pengunjung yang hadir secara langsung ke UMKM Fest 2022, berkesempatan untuk mendapatkan berbagai program menarik seperti Cashback Rp 50ribu dengan QRIS BCA, Cashback hingga Rp 150 ribu dengan Kartu Kredit BCA dan Program Double Value Voucher Reward BCA.
Kata John, BCA mendukung penuh peran UMKM dalam misi membangkitkan perekonomian Indonesia. Dengan sudah berangsur-angsur pulih mobilitas masyarakat, pihaknya optimistis dapat menjangkau lebih banyak lagi pengunjung baik secara offline maupun online.
“Melalui kehadiran BCA UMKM Fest ini, diharapkan dapat membangkitkan motivasi serta optimisme penggiat UMKM Indonesia dan mempercepat realisasi SDGs,” terang John.
Sementara Ketua Panitia BCA UMKM Fest, Freddy Iman menambahkan, selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulan, kegiatan offline BCA UMKM Fest 2022, juga menyediakan beragam tema workshop, talkshow, dan berbagai booth Showcase Installation & Digital Experience yang dapat dikunjungi oleh masyarakat.
Pengunjung bisa menikmati beragam aktivitas menarik, seperti fashion show produk fashion buatan perajin lokal, serta mengeksplorasi 50 brand lokal unggulan, dari makanan dan minuman, fashion, hobi, kesehatan dan kecantikan, hingga tour & travel. Tak hanya itu, pengunjung pun akan dimanjakan dengan berbagai penawaran dan promo menarik.
“Kegiatan UMKM Fest ini, selaras dengan upaya pemerintah untuk mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional, dan selaras dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia, serta gerakan berwisata di indonesia melalui program desa wisata,” ujar Freddy.
Pentingnya posisi UMKM bagi Indonesia, terlihat dari besarnya kontribusi sektor UMKM yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, serta banyaknya jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor ini.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), hingga Maret 2021 lalu, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta, dengan kontribusi terhadap PDB mencapai 61,07 persen atau Rp 8.573,9 triliun.
UMKM juga mampu menyerap 97 persen dari total angkatan kerja, dan bisa menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi di Indonesia.
Selain itu, komitmen BCA dalam mengembangkan UMKM agar semakin tumbuh dan berdaya saing ini, selaras dengan percepatan realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia.
Sebagai informasi, hingga Juni 2022, BCA telah menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp 94,2 triliun, atau tumbuh hingga 19,6 persen secara tahunan (year on year/YoY).
Hal ini, merupakan bagian dari upaya-upaya nyata BCA untuk memajukan bisnis UMKM, agar dapat berkembang dan juga membantu menstimulasi pertumbuhan perkenomian Indonesia. (bis)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin