Berita Bekasi Nomor Satu

Pemkab Bekasi Bakal Bangun RSUD Baru di Cibarusah

LOKET EMERGENCY: Petugas medis sedang berada di loket emergency RSUD Kabupaten Bekasi, Kamis (28/4). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah Menyusun rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kecamatan Cibarusah. Keberadaan rumah sakit ini diharapkan dapat melayani warga yang berada di wilayah selatan.

Sebagai tahap awal, RSUD Cibarusah nantinya akan dibangun untuk tipe D. Setelah itu, diharapkan rumah sakit dapat terus meningkatkan kapasitasnya hingga level A.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Beni Saputra mengatakan, pembangunan rumah sakit plat merah ini dilakukan demi terwujudnya visi pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Bekasi.

Rencananya pembangunan ini bakal dilakukan mulai tahun depan dengan menyusun detail engineering design. Selanjutnya, pembangunan fisik dilaksanakan setahun setelahnya.

“Pembangunan RSUD tipe D ini memiliki pagu anggaran Rp70 miliar. Hingga kini, kajian rencana pembangunan rumah sakit tersebut masih dilakukan,” ucap Beni.

Pembangunan ini masih terus dikomunikasikan dengan Dinas Kesehatan untuk menentukan titik lokasi yang tepat. Penentuan lokasi dan spesifikasi rumah sakit pun tertuang dalam kajian yang bakal dilakukan.

“Untuk Detail Engineering Design (DED) di 2023 dan pembangunanya direncanakan di tahun 2024. Pembangunan RSUD tipe D ini usulan Dinas Kesehatan. Untuk titik lokasi pembangunan rumah sakit Dinas Kesehatan yang menentukan, termasuk kajian-kajiannya dari sana,” ucap Beni.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainarti mengatakan, RSUD tipe D direncanakan dibangun di Kecamatan Cibarusah. Keberadaan rumah sakit ini nantinya untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di wilayah selatan.

“Dalam bidang akuratif di sisi pelayanan kesehatan, harus ada pemerataan dengan mendekatkan masyarakat pada pelayanan kesehatan. Rumah sakit ini luasnya diperkirakan akan mencapai 5 ribu sampai 10 ribu meter persegi,” ungkapnya.

Pembangunan RSUD Tipe D ini, sambungnya, merupakan salah satu bagian dari bidang kesehatan yang masuk dalam proyek strategis daerah tahun 2023-2026. “Jadi untuk lebih mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya yang ada di wilayah selatan,” kata dia. (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin