Berita Bekasi Nomor Satu

Generasi Muda Siap Siaga Menjaga dan Membela Negara

Rizqi Romadhon, Penulis peserta LATSAR CPNS Kemkominfo Angkatan 25

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siap siaga untuk membela negara bermakna kebulatan sikap, tekad, dan perilaku warga negara yang dilakukan secara ikhlas, sadar, dan disertai kerelaan berkorban sepenuh jiwa raga yang dilandasi oleh kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD NKRI 1945 untuk menjaga, merawat, dan menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Kemampuan awal bela negara, menjadi hal yang sangat penting bagi generasi muda, yakni, kesehatan jasmani dan mental. Namun, sayangnya generasi muda di era 2000an ke atas sudah mulai acuh terhadap kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan mental. Padahal, merekalah penerus arah bangsa ini.

Saat ini, sering terjadi kenakalan remaja yang pelanggarannya sudah masuk ranah hukum pidana, bahkan pada usia sekolah. Jika sudah terjadi, siapa yang disalahkan? Mencari siapa yang salah, rasanya bukanlah hal yang genting, tetapi bagaimana cara kita memperbaiki keadaan inilah yang lebih penting.

Generasi muda adalah garda terdepan dalam kesiapsiagaan bela negara. Tahun 2045 kita mendapatkan bonus demografi, yang mana masyarakat usia produktif lebih dominan dibandingkan masyarakat usia senja.

Ini tugas kita semua untuk menjaga para generasi muda. Lantas apa sih yang dapat kita perbuat untuk membela negara dengan menjaga generasi muda? Kita dapat melakukannya mulai dari lingkungan terdekat terlebih dahulu, yaitu keluarga yang sudah memiliki anak dapat melakukan parenting dengan memperbanyak komunikasi, karena komunikasi adalah kunci dalam hubungan apapun, dapat  dimulai dari meja makan misalnya. Biasakan untuk tidak asik sendiri dengan perangkat pintar masing-masing.

Lalu, bagaimana dengan yang belum berkeluarga dan memiliki anak, tetapi berkeinginan menjaga generasi muda kita maju? Kita dapat berbuat hal positif yang melibatkan generasi muda di lingkungan sosial, seperti aktif di karang taruna dan membuat kegiatan yang diminati banyak pemuda, olahraga. Kegiatan olahraga memberikan banyak hal manfaat, selain menjaga kesehatan jasmani juga meningkatkan kesehatan rohani dengan berinteraksi selama kegiatan olahraga. (*)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin