Berita Bekasi Nomor Satu

5 Alasan Mengapa Ikut Student Exchange ke Luar Negeri

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Masa-masa kuliah adalah masa di mana kamu mencari tahu mengenai dirimu lebih dalam dan lebih luas lagi.

Ada banyak cara untuk bisa mengeksplor diri dalam mencari minat, pengalaman baru dan pengetahuan. Seperti, mengikuti kegiatan organisasi, kegiatan volunteer, magang, sampai program student exchange atau pertukaran pelajar.

Tentu ada banyak hal yang bisa kamu jelajahi, salah satunya melalui program Pertukaran Pelajar atau Student Exchange.

Di masa perkuliahan ini, kamu dapat menemukan banyak peluang untuk mengikuti Program pertukaran pelajar, mulai dari yang dilaksanakan oleh kampus, lembaga atau organisasi, hingga yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Berikut ini 5 alasan mengapa kamu harus ikut pertukaran pelajar atau student exchange ke luar negeri:

1. Memperluas Relasi

Kamu bisa memperluas relasi dengan bergaul dengan teman-teman baru yang kamu kenal dari program Student Exchange ini.

Tak jarang, program Student Exchange untuk mahasiswa Indonesia ini dibarengi dengan program Student Exchange untuk mahasiswa internasional lainnya.

Dengan begitu, artinya kamu juga dapat bertemu dan berteman dengan mereka, dengan mengenal mereka dari latar belakang dan budaya yang berbeda, pikiran dan wawasanmu akan menjadi lebih luas dan terbuka serta saling menghargai adanya perbedaan.

2. Memperluas Ilmu Pengetahuan

Sebagai mahasiswa program pertukaran, maka kamu akan berkuliah di salah satu universitas di negara tersebut. Kamu dapat memperoleh ilmu baru serta regulasi-regulasi pendidikan yang berlaku di negara tempat kamu exchange.

Terkadang, kamu belajar dari jurusan yang sama, apa yang kamu pelajari bisa jadi berbeda. Hal ini diakibatkan perbedaan peraturan, kebijakan serta tenaga pengajar di sana.

3. Melatih Basic Life Skill

Dengan merantau di negara orang, otomatis kemampuan kamu dalam bertahan hidup sedang diasah. Perbedaan budaya, bahasa, kondisi alam, peraturan pemerintahan dan kebijakan-kebijakan lain menuntut kamu untuk bisa beradaptasi dengan perbedaan-perbedaan tersebut.

Secara tidak langsung kemampuan kamu dalam beradaptasi dan bertahan akan diuji sehingga membantu mentalmu menjadi lebih kuat dan mandiri. Hal ini tentu saja akan menambah pengalaman hidup kamu dan memperkaya pengetahuanmu.

4. Sebagai Pilihan Berkarir di Masa Depan

Dengan belajar di negara orang, tentu kamu akan merasakan sejumlah perbedaan dan menemukan banyak hal baru.

Dengan hal ini, kamu bisa mencari kemana arah minat karir kamu, kamu dihadapkan pada pilihan yang banyak dan luas, maka dengan begitu kamu semakin banyak pula pilihan karir yang bisa kamu pilih.

5. Kesempatan Jalan-Jalan ke Luar Negeri

Sepertinya alasan terakhir ini merupakan alasan utama dan alasan paling populer mengapa mahasiswa memutuskan untuk study exchange ke luar negeri.

Bagaimana tidak, sebagai mahasiswa kamu bisa mengunjungi negara impian kamu dan diberikan kesempatan untuk tinggal selama beberapa waktu untuk mencari ilmu disana.

Tentunya, ada banyak tempat yang bisa kamu jelajahi yang mana mugkin tempat-tempat tersebut hanya bisa kamu lihat di TV mauapun Film.

Nah, itu dia 5 alasan mengapa harus ikut Student Exchange ke luar negeri! Menarik bukan? (mg6)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin