Mengajar untuk Cari Pengalaman

Vita Dwi Maryani

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebagai mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Vita Dwi Maryani merasa perlu adanya pengalaman dalam kegiatan mengajar.

Selain berkuliah, mahasiswa semester lima Universitas Islam 45 Bekasi ini menjadi pengajar atau pelatih aktif Pramuka Siaga di SD Negeri Babelan Kota 01. Vita-sapaan akrabnya- mengungkapkan, alasannya mengajar di sela aktivitas kuliah.


“Alasan mengajar sambil kuliah itu untuk mencari pengalaman dan mengisi waktu luang, dengan kegiatan ini banyak hal yang bisa saya dapatkan,” ungkapnya.

Selain menjadi pengajar sekaligus mahasiswa PGSD, Vita juga sedang menjalani kegiatannya sebagai mahasiswa magang pada salah satu sekolah dasar Islam di Tambun. Walaupun di tengah jadwal perkuliahan serta mengajarnya, ia merasa waktu magang yang dilaksanakan masih fleksibel.


“Untuk kuliah itu saya hanya sampai Jumat saja dan untuk Sabtu saya gunakan untuk mengisi waktu luang dengan mengajar. Nah, untuk magang ini saya menyesuaikan dengan jadwal kuliah saya, jadi jika saya ada waktu luang dan tidak ada jadwal mata kuliah, saya datang ke sekolah tersebut,” tutur Vita.

Vita mengungkapkan, selama dirinya menjalani kegiatan-kegiatan tersebut belum pernah merasa kewalahan ataupun jenuh.

“Alhamdulillah sampai saat ini saya belum merasa kewalahan atau jenuh, justru saya berpikir seperti ini, ibarat hari ini kita tanam dan kedepannya kita petik buahnya, jadi yang kita jalani sekarang akan kita nikmati di masa depan,” jelas Vita.

Meskipun Vita merasa bisa mengatur jadwal antara kegiatan perkuliahan, mengajar, ataupun kegiatan magangnya, dalam praktik kesehariannya ia harus melakukan banyak penyesuaian waktu antara kuliah dan magang.

Salah satunya adalah ketika terjadi jadwal bentrok antara kuliah dengan magang, ditambah lagi jarak antara tempatnya berkuliah dan magang yang dirasa cukup jauh maka itu sebisa mungkin Vita menyesuaikan dan melakukan adaptasi pada kegiatan-kegiatan yang dijalaninya.

“Menurut saya untuk pembagian waktu antara kuliah dengan magang itu bisa menyesuaikan jadwal kuliah saya, ya walaupun waktunya sedikit singkat untuk sampai ke kampus, dan kalau untuk mengajar itu ga ada masalah dengan waktu, dikarenakan saya hanya berfokus mengajar di hari itu saja. Karenanya juga saya harus bisa mengatur waktu dengan baik,” pungkasnya. (mg1)