Berita Bekasi Nomor Satu

Ke Media Asing, Xi Jinping Janjikan Tiongkok yang Lebih Terbuka

RADARBEKASI.ID, TIONGKOK -Presiden Tiongkok Xi Jinping berjanji untuk membuka pintu lebih lebar lagi saat bertemu dengan awak media asing di Beijing, Minggu (23/10) siang. Itu sehari setelah terpilih menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok (CPC) untuk periode ketiga (2022-2027).

Pertemuan tersebut menjadi yang pertama kali sejak 2017, ketika dia bertemu awak media secara langsung setelah Kongres Nasional ke-19 CPC.

”Lebih dari sepekan, rekan-rekan kami dari media meliput Kongres Nasional ke-20 CPC secara ekstensif,” kata Xi usai memimpin rapat pleno pertama dengan anggota Komite Sentral ke-20 CPC seperti dilansir dari Antara.

”Berkat bantuan Anda, suara Tingkok dan pandangan partai telah didengar secara global dan dunia mengalihkan pandangannya ke Tiongkok. Terima kasih atas kerja keras Anda,” ucap Xi kepada 200 media asing dan 300 media lokal yang memadati ruangan di Balai Agung Rakyat itu.

Dalam kesempatan itu, dia mengungkapkan, Tiongkok tidak bisa berkembang hanya dengan mengisolasi diri. Sebaliknya, dunia juga membutuhkan Tiongkok untuk berkembang atau membangun.

Menurut dia, fundamental perekonomian Tiongkok sangat kuat dan memiliki banyak potensi. Kekuatan ekonomi itu, tidak akan berubah dan tetap positif dalam jangka panjang.

”Kami akan membuka pintu lebih lebar lagi. Kemakmuran Tiongkok akan menciptakan lebih banyak kesempatan bagi dunia,” tutur Xi.

Dia juga menyerukan kepada masyarakat dunia untuk bersama-sama menatap masa depan pada masalah-masalah kemanusiaan. ”Kita semua bisa hidup harmonis, melakukan kerja sama yang saling menguntungkan, dan bergandengan tangan membangun masa depan dunia yang lebih cerah,” ajak Xi.

Dalam pertemuan dengan awak media itu, Xi memperkenalkan enam anggota Komite Tetap Biro Politik, badan pengambil keputusan tertinggi partai penguasa di Tiongkok yang dipimpinnya itu untuk periode lima tahun mendatang. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin