Belajar sampai Malaysia  

Ahlana Sabrina Rinaldi

RADARBEKASI.ID, BEKASI Mahasiswa bernama lengkap Ahlana Sabrina Rinaldi ini pernah belajar sampai Malaysia melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IIMS). Program beasiswa itu dijalaninya Maret sampai Agustus 2022.

IIMS diikuti Lana-sapaan akrabnya- bersama sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi lain di Indonesia. Ia mengungkapkan, sempat ditentang oleh orangtuanya mengikuti program tersebut.


“Awalnya itu sempat gak boleh sama papa, aku gak boleh jauh-jauh soalnya anak perempuan kan. Tadinya tuh aku mau ke Hanyang University di Korea Selatan, tapi karena gak boleh disitu jadinya aku bujuk biar aku tetap boleh ikut IISMA. Aku pilih Malaysia terus akhirnya dibolehin deh,” ucap mahasiswa  jurusan Hubungan Internasional Universitas Diponegoro tersebut.

Selama di Malaysia, mahasiswa semester tujuh ini mengikuti berbagai kegiatan akademik maupun nonakademik. Untuk kegiatan akademik Lana mengambil empat kelas, dua kelas ekonomi dan dua kelas hukum di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Lalu untuk kegiatan nonakademiknya Lana sering mengikuti acara atau kegiatan mahasiswa internasional berkumpul.


“Jadi di UKM tempat aku exchange itu ada organisasi khusus international students, namanya UKM Ambassador. Terus aku ikut volunteer juga dua kali. Yang pertama emang ikut organisasi peduli sosial, universitasnya bantu penduduk yang rumahnya terdampak banjir di daerah Johol, Negeri Sembilan,” ujarnya.

“Terus pas Idul Adha aku volunteer dari MyCare Malaysia buat nyalurin daging kurban buat orang-orang yang terdampak perang di Timur Tengah kayak Palestina, Yaman, sama Jordania. Oh iya aku juga dapet kesempatan buat nari Tari Tradisional Malaysia (Zapin) bareng international students lainnya di acara ulang tahun EMGS (Education Malaysia Global Services),” imbuhnya.

Selain itu, Lana bersama peserta IISMA lainnya juga aktif untuk mengenalkan budaya Indonesia. Terutama promosi ke mahasiswa internasional agar datang berwisata ke Tanah Air. (mg2)