Berita Bekasi Nomor Satu

Bappeda Maksimalkan Program CSR

TAMAN SEHATI: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, terus melakukan pembenahan, salah satunya menghadirkan Taman Sehati, di Kelurahan Sertajaya, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Rabu (9/11). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, memaksimalkan program Corporate Sociality Responsibility (CSR) untuk dengan melakukan berbagai terobosan.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Bekasi, Cucu Sriharti menuturkan, sebelumnya sejumlah perusahaan telah dikumpulkan untuk berpartisipasi dalam pembangunan melalui program CSR.

Kata Cucu, pihaknya akan melakukan pembuatan aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan (Simpel) yang merupakan amanat dari Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 14 Tahun 2016, dalam meningkatkan fasilitasi baik dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan TJSL/CSR perusahaan.

Lebih lanjut, Cucu menyampaikan, tingginya antusiasme dan harapan masyarakat terhadap program dan kegiatan CSR perusahaan. Sehingga kehadiran aplikasi Simpel CSR, diharapkan menjadi pusat informasi terpadu program dan CSR.

“Jadi, program CSR ini dapat disinergikan dengan berbagai program prioritas daerah,” ucapnya.

“Pada prinsipnya, kami siap memberikan berbagai fasilitas yang diperlukan bagi perusahaan dalam melaksanakan program dan kegiatan CSR di Kabupaten Bekasi, mengingat tim fasilitasi selama ini, tidak mengelola dana CSR. Melainkan berbentuk kegiatan pembangunan dan penerimaan barang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Program Bappeda, Agus Budiono menjelaskan, pihaknya lebih mementingkan dalam sinergi program Pemkab Bekasi.

Sebelumnya, kata Agus, Pemkab Bekasi telah menerima aset berupa tiga unit mobil perpustakaan keliling, 4359 buku bacaan dan alat penunjang lain yang diserahkan kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, serta Camat Bojongmangu.

Aset tersebut diharapkan, agar dapat dikelola dengan baik dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, guna meningkatkan akses literasi anak, dan mendorong peningkatan gemar membaca masyarakat, sehingga program CSR dari Gugah Nurani Indonesia, dapat terus dilanjutkan, khususnya di wilayah Kecamatan Bojongmangu.

Kemudian, untuk jalan lingkungan, juga sudah ada partisipasi dari sejumlah perusahaan.

”Oleh sebab itu, kami juga berharap, adanya sinergi program CSR ini, dapat mengefisiensikan anggaran dari kemampuan keuangan pemerintah daerah,” terang Agus.

Sementara itu, pembangunan Taman Pelangi Pebayuran, yang berlokasi di Kelurahan Kertasari Kecamatan Pebayuran, dibangun melalui program CSR PT Sugity Creatives, yang langsung diserahterimakan secara resmi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan menjelaskan, pembangunan taman tersebut merupakan contoh yang sangat baik, dimana perusahaan di Kabupaten Bekasi, tidak hanya menjalankan usaha atau bisnis, tetapi punya kepedulian dan tanggung jawab sosial, dengan membangun fasilitas seperti Taman Pelangi.

Dani menambahkan, fungsi taman tidak hanya sebagai tempat hiburan, tapi punya fungsi sosial, ekonomi dan lingkungan.

“Di sini anak-anak kami bisa bermain, belajar serta berolahraga, masyarakatnya bisa sosialisasi dan berinteraksi, sehingga sama dengan fungsi sekolah atau perguruan tinggi, taman juga bagian dari kebutuhan manusia,” pungkas Agus. (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin