Berita Bekasi Nomor Satu

Xi Jinping bakal Bertemu Joe Biden di KTT G20, Ini Misi yang Dibawanya

Presiden Tiongkok Xi Jinping memastikan hadir di G20 Bali dan akan melakukan pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden.

RADARBEKASI.ID, BALI – Pertemuan bersejarah antara Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden untuk kali pertama diproyeksikan akan tercipta di KTT G20 Bali pada 15-16 November.

Pertemuan itu menjadi yang pertama sejak Biden dilantik sebagai presiden AS. Hubungan AS dan Tiongkok sejak Covid-19 dan perang dagang membuat keduanya tegang.

Media Tiongkok China Daily, Minggu (13/11), memastikan Presiden Xi Jinping akan menghadiri KTT Kepala Negara dan Pemerintahan G20 ke-17 di Bali, Indonesia dan Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC ke-29 di Bangkok, Thailand.

Xi akan mengunjungi Thailand minggu depan, dengan harapan tinggi bahwa Tiongkok akan menggunakan kesempatan multilateral untuk menyerukan kerjasama internasional untuk mendorong pemulihan ekonomi global.

BACA JUGA: G20 Bali Bakal Mempertemukan Joe Biden dengan Xi Jinping

Kepastian itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying. Ia mengatakan bahwa Xi juga akan mengadakan serangkaian pertemuan bilateral dengan para pemimpin asing di sela-sela acara multilateral, termasuk dengan Presiden Prancis. Emmanuel Macron, Presiden AS Joe Biden, Presiden Senegal Macky Sall dan Presiden Argentina Alberto Fernandez.

Apa Agenda Xi Jinping?

Xi akan menggunakan kunjungan luar negerinya untuk menerjemahkan visi keterbukaan dan kerja sama. “Akan membawa misi yang didefinisikan pada Kongres Nasional CPC ke-20 dalam menangani hubungan antara Tiongkok dan dunia menjadi tindakan nyata,” kata Wakil Direktur Departemen Studi Amerika Institut Studi Internasional Tiongkok Su Xiaohui.

BACA JUGA: Ke Media Asing, Xi Jinping Janjikan Tiongkok yang Lebih Terbuka

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian mengatakan bahwa sebagai forum utama untuk kerja sama ekonomi internasional, G20 harus meningkatkan solidaritas dan kerja sama internasional dan mengoordinasikan kebijakan ekonomi makro dengan anggota untuk bergandengan tangan guna mendorong pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, inklusif dan seimbang dari ekonomi global. Tiongkok mendukung Indonesia sebagai presiden G20, untuk menjadi tuan rumah KTT bertema ‘Pulihkan Bersama, Pulih Lebih Kuat’.

“Berharap anggota G20 dapat membangun konsensus dan memajukan kerja sama dalam mempromosikan pemulihan ekonomi global dan mengimplementasikan Agenda PBB 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan,” kata Zhao.

Dia menggambarkan kehadiran Xi pada Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC di Bangkok sebagai aktivitas diplomatik yang penting untuk kawasan Asia-Pasifik. Ini sepenuhnya menunjukkan pentingnya Beijing melekat pada kerja sama ekonomi Asia-Pasifik.

Xi akan menyampaikan pidato penting pada pertemuan multilateral, membuat proposal untuk memperdalam kerja sama regional di kawasan Asia-Pasifik dan mendorong pertumbuhan ekonomi regional dan global. Su mengatakan Tiongkok telah memainkan peran penting dalam tata kelola global melalui mekanisme G20.

“Karena ekonomi global saat ini menghadapi lonjakan inflasi, meningkatnya proteksionisme, dan pemisahan yang didorong oleh ideologi, G20 harus terus bertindak sebagai platform untuk memajukan tata kelola global dan bersama-sama menangani tantangan yang dihadapi dunia,” tambahnya.

Bertemu Xi Jinping

Mengenai pertemuan antara presiden Tiongkok dan AS di Bali, Zhao mengatakan bahwa perkembangan stabil hubungan Tiongkok-AS sesuai dengan kepentingan kedua negara dan memenuhi harapan negara-negara di seluruh dunia. Ia berharap AS akan bertemu dengan Tiongkok dalam semangat saling menghormati untuk berkontribusi pada stabilitas dan pembangunan global secara bertanggung jawab.

Su mengatakan bahwa dengan latar belakang memburuknya hubungan Tiongkok-AS dalam beberapa tahun terakhir dan perubahan besar dalam lanskap internasional, lebih penting dari sebelumnya bagi para pemimpin dua ekonomi terbesar dunia untuk duduk dan berbicara bersama. Pertemuan antara Xi dan Biden sangat dinanti.

“Karena dunia menginginkan hubungan antara Tiongkok dan AS tetap stabil,” kata Su. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin