Berita Bekasi Nomor Satu
Bola  

Laga Piala AFF 2022 Belum Pasti Ditonton Langsung, Menpora Bilang Begini

Menpora Zainudin Amali.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali belum dapat memastikan laga kandang tim nasional Indonesia di Piala AFF 2022 dapat ditonton di stadion.

“Soal itu nanti bergantung Polri. Bukan kami (Kemenpora, Red) yang menentukan itu,” ujar Zainudin Amali di Kantor Kemenpolhukam, Jakarta, Senin.

Pada 29 November 2022, Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyampaikan, PSSI belum dapat mengukuhkan soal boleh atau tidaknya penonton hadir di stadion saat timnas berlaga kandang di Piala AFF 2022.

Menurut Yunus, perihal penonton tersebut akan diputuskan oleh Polri dengan merujuk pada Peraturan Polri Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Regulasi ini ditetapkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada 28 Oktober 2022 lalu diundangkan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada 4 November 2022.

“Sembari menunggu, PSSI mempersiapkan timnas dengan baik dan berkoordinasi dengan pihak SUGBK,” kata Yunus.

Tim nasional Indonesia direncanakan bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, saat mengarungi Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023. Di turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja pada laga perdananya di Grup A, 23 Desember 2022. Pertandingan itu diagendakan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang rencananya menjadi stadion kandang Indonesia di Piala AFF 2022.

Tiga hari kemudian, Indonesia bertandang untuk menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam. Lalu menjamu Thailand, 29 Desember 2022 serta, terakhir, menjajal kekuatan Filipina di rumahnya pada 2 Januari 2023.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad “Garuda”. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin