Berita Bekasi Nomor Satu

Partai Buruh Lolos, Partai Ummat Gagal Ikut Pemilu 2024

Tangkapan layar youtube KPU RI acara pengundian nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Perjuangan para kader Partai Buruh akhirnya membuahkan hasil. Partai besutan Said Iqbal ini dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Sesuai hasil rekapitulasi verifikasi yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat 17 partai politik dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu 2024-salah satunya Partai Buruh.

Pembacaan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi nasional hasil verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (14/12/2022). Dari 18 parpol yang mengikuti tahapan verifikasi, hanya Partai Ummat yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) di dua provinsi, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara.

Lolosnya Partai Buruh sebagai peserta Pemilu 2024  disambut antusias oleh para kader yang merupakan para pekerja. Betapa tidak, partai politik ini telah beberapa kali berganti nama. Pada 28 Agustus 1998 bernama Partai Buruh Nasional. Kemudian 1 Mei 2005 berganti menjadi Partai Buruh Sosial Demokrat. Akhirnya 5 Oktober 2021 ditetapkan sebagai Partai Buruh.

“Alhamdulilah akhirnya perjuangan teman-teman dan doa dari semua orang yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Tentunya atas rahmat Allah yang maha kuasa. Partai Buruh lolos menjadi peserta Pemilu 2024,” ujar Deputy Bapilu Exco Nasional Partai Buruh, Amir Mahfud kepada Radar Bekasi, Rabu (14/12/2022).

Sebagai rasa bentuk syukur atas kelolosan partainya ini, besok Kamis (15/12/2022) kurang lebih 15 ribu masa Partai Buruh akan melakukan karnaval kelas pekerja, dari Harapan Indah (HI) titik kumpul Sejabodetabek untuk menuju Monas. Sementara, di daerah yang berada di luar Jabodetabek akan bergerak di masing-masing provinsi maupun daerah.

BACA JUGA: Partai Buruh : Kenaikan BBM Langkah Politik PDIP

“Itu sebagai bentuk ucapan rasa syukur, menyampaikan kepada rakyat melalui ibu kota Jakarta,” ungkapnya.

Langkah selanjutnya, kata Amir, paling utama akan melakukan evaluasi sambil melaksanakan rapat-rapat kerja mulai dari tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten dan kota, sebagai rencana tindaklanjut untuk tahap Pemilu 2024. Targetnya, Partai Buruh lolos ambang batas parlemen.

“Fokus kita bagaimana Partai Buruh, insya Allah pada Pemilu 2024 mencapai suara parlemen threshold dengan kapasitas 20 kursi untuk di tingkat DPR RI,” ucapnya.

BACA JUGA: Partai Ummat Dirangkul Parpol Tak Lolos

Sementara itu, Ketua DPW Partai Ummat Jawa Barat, Daris, enggan berbicara banyak mengenai informasi tidak lolosnya Partai Ummat sebagai peserta Pemilu 2024. Pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi ini meminta agar menunggu hasil pleno KPU.

“Kan belum berakhir, plenonya kan juga belum. Tunggu beberapa hari ya,” ungkapnya saat dihubungi.

Diketahui, 17 partai politik yang lolos sebagai peserta pemilu yakni, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai BUlan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Demokrat, Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Buruh. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin