Berita Bekasi Nomor Satu

Ini Hal yang Wajib Diperhatikan saat Membeli Barang Elektronik

ILUSTRASI Barang elektronik. FOTO: UNSPLASH.COM

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Berbagai peralatan rumah tangga menjadi salah satu kebutuhan yang bisa menunjang produktivitas dalam kehidupan manusia sehari-hari. Seiring dengan berkembangnya zaman, kebutuhan yang dulu dibuat untuk digerakkan secara manual, kini mulai dikembangkan versi elektroniknya.

Salah satu contohnya adalah alat penghancur makanan yang dulunya hanya berupa cobek dan ulek digantikan oleh adanya blender atau mesin penggiling elektronik. Namun, untuk menikmati kemudahan itu, Anda juga harus jeli sebelum membeli barang elektronik yang jumlahnya begitu banyak di pasaran.

Tips Memilih Barang Elektronik, Agar Tidak Salah Pilih

Mempertimbangkan banyak hal sebelum berbelanja adalah salah satu cara memilih barang elektronik terbaik yang bisa Anda terapkan. Tips di bawah ini adalah beberapa detail yang harus tercantum dalam daftar pertimbangan Anda sebelum berbelanja kebutuhan elektro di rumah Anda.

1.      Ketahui Fungsinya

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli barang adalah mengetahui fungsinya. Jangan membeli barang hanya karena tergoda promo, gengsi, atau malah ikut-ikutan. Jangan pula membeli barang yang jarang digunakan atau bahkan tidak dibutuhkan.

Sesuaikan juga ukuran barang elektronik yang akan Anda beli dengan jumlah orang yang menghuni rumah. Jika Anda tinggal sendiri atau hanya bersama keluarga kecil, Anda bisa memanfaatkan barang-barang elektronik berukuran kecil.

Sementara itu, jika jumlah anggota keluarga Anda cukup banyak, Anda harus bersiap membeli barang elektronik yang ukurannya lebih besar.

2.      Mempertimbangkan Daya dan Konsumsi Listrik

Sebelum membeli barang elektronik, Anda juga harus memperhitungkan daya listrik di rumah Anda. Jangan sampai Anda membeli barang elektronik yang tidak bisa digunakan karena daya listrik yang tersedia di rumah ternyata kurang memadai.

Jika daya listrik kurang memadai, listrik di rumah Anda bisa mengalami penurunan daya secara tiba-tiba dan berujung padam. Salah satu bentuk penghematan listrik saat memilih barang elektronik adalah membeli TV layar LED alih-alih tabung karena menghemat listrik hingga 50 persen.

3.      Membeli Sesuai Anggaran dan Prioritas

Meskipun tips ini akan membuat Anda menghabiskan banyak waktu, pada akhirnya, tindakan ini akan menguntungkan Anda. Mencoba menemukan penawaran harga yang terbaik juga akan membuat Anda bisa memangkas anggaran yang semula telah Anda persiapkan.

Anda juga harus mempertimbangkan cash flow Anda sebelum memutuskan membeli barang elektronik. Jika Anda ingin membeli lebih dari satu barang elektronik atau barang yang Anda inginkan ternyata dibanderol dengan harga di atas anggaran Anda, Anda harus menentukan prioritasnya.

Hindari juga membeli barang elektronik dengan metode pembayaran kredit atau cicilan karena biasanya hal ini akan mengganggu pengeluaran Anda di masa mendatang dan membuat Anda tidak bisa membeli barang-barang yang Anda butuhkan di bulan berikutnya.

4.      Memperhatikan Harga Dolar AS

Hal ini mungkin jarang diperhatikan sehingga tidak disadari oleh masyarakat awam. Namun, nyatanya, kenaikan mata uang dolar Amerika Serikat bisa memengaruhi harga barang-barang elektronik di pasaran.

Oleh karena itu, jika Anda berencana membeli barang elektronik, lebih baik melakukannya setelah memeriksa harga dolar dibandingkan kurs rupiah berdasarkan data yang disediakan oleh Bank Indonesia.

5.      Memilih Brand Terpercaya

Merek elektronik yang tepat, tidak bisa dimungkiri, juga merupakan sesuatu yang patut dipertimbangkan sebelum membeli sebuah barang elektronik. Meskipun mahal, merek barang elektronik yang terpercaya biasanya telah memiliki jaringan servis yang bagus.

Selain itu, barang elektronik dengan merek terkemuka juga biasanya cukup awet sehingga Anda tidak perlu cemas harus mengganti dengan barang elektronik yang baru atau membawa ke jasa reparasi dalam waktu yang singkat.

Salah satu merek barang elektronik yang bisa Anda percaya adalah Dyson. Selain terkenal, merek elektronik Dyson juga sudah menyediakan berbagai macam alat-alat elektronik yang dibutuhkan dalam rumah tangga. Anda bisa mendapatkan produk Dyson baik secara konvensional maupun melalui authorized online merchant yang bekerja sama dengan e-commerce seperti Blibli.

Di Blibli, Anda bisa mendapatkan berbagai produk elektronik dari Dyson dengan harga bersaing dan kualitas orisinal. Anda juga bisa menikmati beberapa penawaran menguntungkan seperti promo potongan harga, diskon gratis ongkos kirim, hingga jasa pengiriman super cepat yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda. (*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin