8 Elite Parpol Kumpul di The Darmawangsa Jakarta Selatan, Megawati Tak Diundang?

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023). Foto: Aristo S/JPNN.com

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Delapan elite parpol yang memiliki kursi di parlemen DPR RI menggelar pertemuan di The Darmawangsa, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023).

Kehadiran mereka membahas sistem pemilihan pada Pemilu 2024.


Persamuhan itu melibatkan elite Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Lima ketua umum parpol, antara lain, Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat), Ahmad Syaikhu (PKS) Airlangga Hartarto (Golkar), Muhaimin Iskandar (PKB), dan Zulkifli Hasan (PAN), hadir langsung pada pertemuan itu.


Adapun PPP mengutus Amir Uskara (wakil ketua umum), sedangkan NasDem diwakili sekjennya, Johhny G Plate.

BACA JUGA: 8 Fraksi di DPR RI Dukung Pemilu 2024 Proporsional Terbuka, Kecuali PDIP

Namun, perwakilan dari Gerindra belum terlihat di The Dharmawangsa meskipun bendera parpol berlambang kepala garuda itu terpajang di lokasi.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali, pertemuan delapan parpol itu akan membahas peluang penggunaan sistem proporsional terbuka pada Pemilu 2024.

“Itu menjadi poin yang akan kami diskusikan supaya ada pemahaman yang sama,” kata Ali di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023).

Namun, legislator NasDem di Komisi III itu tidak bisa memastikan hasil pertemuan delapan parpol tersebut akan memunculkan penolakan atas sistem proporsional tertutup.

Dia hanya mengungkap hasil pertemuan delapan elite parpol di parlemen itu bisa saja berupa persetujuan tentang penerapan proporsional terbuka.

“Seharusnya seperti itu, karena itu memang domain parpol yang pembuat undang-undang. Itu bukan domain MK,” kata Ali. (jpnn)