Usai Dilantik, Anggota PPS se-Kota Bekasi Diminta Langsung Tancap Gas

FOTO BERSAMA: Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni, dan sejumlah stakeholder foto bersama dengan anggota PPS se-Kota Bekasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 168 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Bekasi terpilih resmi dilantik Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat di Balai Patriot Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Selasa (24/1/2023). Mereka diminta untuk langsung tancap gas untuk persiapan pelaksanaan Pemilu 2024.

Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni mengharapkan, kepada 168 anggota PPS yang baru dilantik untuk segera koordinasi dengan para stakeholder supaya kedepan kerja-kerjanya bisa lebih efektif dan terkoordinasi dengan baik.


“Jadi, setelah dilantik diharapkan PPS dapat langsung berkoordinasi dengan unsur-unsur stakeholder terkait, karena wajib hukumnya. Mereka harus saling mengenal, menguatkan, mengingatkan dan support,” ujar Nurul.

Pasalnya, untuk mensukseskan Pemilu 2024 tentu KPU dan para PPS tak mungkin bisa berjalan sendiri tanpa bantuan elemen-elemen lain yang ada di masyarakat.


“Tidak mungkin KPU bisa jalan sendiri, kita butuh elemen-elemen lain dalam membantu suksesnya pemilu 2024,” imbuhnya.

BACA JUGA: Perwakilan 11 Partai Politik Konvoi ke KPUD Kota Bekasi Serahkan Kesepakatan Dukungan Lima Dapil

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Walikota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan, sesuai peraturan KPU No 8 tahun 2022 terkait pembentukan dan tata kerja badan Adhoc penyelenggara Pemilihan umum (Pemilu), Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) baik di tingkat provinsi dan Kota/Kabupaten, serta Pemilihan legislatif, disebutkan tugas dan kewajiban PPS. Salah satunya, melaksanakan seluruh tahapan dari penyelenggaraan di tingkat kelurahan.

“Jadi, saya pikir ini adalah tugas berat yang harus dilaksanakan kedepannya. Maka, saya ingin  berpesan kepada para PPS untuk izin  terlebih dahulu kepada keluarga karena buat jadi petugas PPS tentu nanti akan memakan waktu hingga over time dalam bekerja,” kata Tri dalam pidatonya saat pelantikan PPS se-Kota Bekasi.

Menurutnya, anggota PPS adalah salah satu penentu sukses atau tidaknya Pemilu 2024. Oleh sebab itu, dirinya berharap agar pascadilantik bisa menjalankan tugas dengan profesional, jujur dan berintegritas, serta dapat membangun soliditas diantara para PPS dan petugas lainnya. (mhf)