Berita Bekasi Nomor Satu

Perwakilan 11 Partai Politik Konvoi ke KPUD Kota Bekasi Serahkan Kesepakatan Dukungan Lima Dapil

FOTO BERSAMA: Perwakilan 11 parpol foto bersama dengan pimpinan KPUD Kota Bekasi.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Gerakan lima jari gabungan dari 11 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 melanjutkan misi bersama demi memastikan daerah pemilihan (dapil) di Kota Bekasi disahkan menjadi lima dapil .

Kali ini, sebagai tindaklanjut pertemuan sebelumnya para perwakilan 11 parpol itu melakukan konvoi ke kantor KPUD guna menyerahkan hasil dari kesepakatan yang telah ditetapkan kemarin.

“Jadi, hari ini (kemarin,Red) merupakan tindaklanjut terkait pertemuan kemarin. Dimana, kita kumpul di kantor DPC PPP untuk konvoi menuju kantor KPUD Kota Bekasi menyerahkan surat hasil kesepakatan terkait dukungan penggunaan lima dapil di Pemilu 2024 Kota Bekasi,” kata Ketua DPD Partai Nasdem Kota Bekasi Aji Ali Sabana, Kamis (15/12/2022).

Menurutnya, hasil kesepakatan 11 parpol ini merupakan sebuah komitmen bersama agar saat perhelatan kontestasi politik pada 2024 di Kota Bekasi disahkan hanya lima dapil, demi wujudkan kesetaraan yang berkeadilan. Oleh sebab itu, pihaknya berharap pihak KPUD bisa menindaklanjuti hasil kesepakatan ini ke KPU RI untuk disahkan.

“Dan alhamdulillah, tadi dari KPU sendiri juga sudah memastikan kalau hasil kesepakatan ini akan langsung ditindaklanjut kepada KPU Jawa Barat dan KPU RI. Bahkan, KPU respon positif karena baru tahun ini kaitan penataan dan penyusunan dapil ditanggapi seperti ini,” jelasnya.

BACA JUGA: KPU Kota Bekasi Uji Publik 3 Rancangan Dapil Pemilu 2024, Ini Rincian Dapilnya

Lebih jauh, diakui Aji, pihaknya memastikan bahwa koalisi 11 dapil ini bisa saja berlanjut dalam kontestasi Pilkada nanti. Terlebih, bila masing-masing parpol meraih kursi nantinya. Namun, terkait siapa calon kandidatnya tentu hal itu masih terlalu dini, karena tentu semua punya kandidat masing-masing. Artinya, saat ini koalisi yang dibangun bukan untuk sosok, tapi bagaimana menjaga dinamika politik di pilkada Kota Bekasi tetap kondusif.

“Intinya, sejauh ini koalisi 11 parpol tentunya masih sangat dinamis, sehingga terpenting sekarang bagaimana kita mengawal 5 dapil di Kota Bekasi pada Pemilu tahun 2024 bisa disahkan oleh KPU RI demi kesetaraan yang berkeadilan,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua KPUD Kota Bekasi Nurul Sumarheni mengaku, pihaknya mengapresiasi dengan dinamika parpol peserta Pemilu Kota Bekasi, karena sangat respon terkait tanggapan atas rancangan dapil yang diumumkan jajarannya. Terlebih, hal ini baru pertama kali terjadi dari beberapa Pemilu sebelumnya. Dan terkait hal ini, dirinya pun memastikan untuk langsung tindaklanjuti respon positif ini ke KPU Jawa Barat untuk nantinya disampaikan ke KPU RI.

“Pada Prinsipnya, kami menerima aspirasi 11 parpol ini dan akan langsung diserahkan ke KPU Jawa Barat untuk juga ditindaklanjuti ke KPU RI, karena terkait keputusan dapilnya itu adalah kewenangan KPU RI bukan di kita,” tandasnya. (mhf)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin