Berita Bekasi Nomor Satu

Imigrasi Terbitkan Aplikasi M-Paspor, Jalur Khusus Rp 1 Juta

Imigrasi mencabut syarat rekomendasi Kemenag pembuatan paspor haji dan umrah. Foto ist.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memastikan melakukan perbaikan dalam pembuatan paspor regular. Kemudahan pembuatan paspor regular itu bisa dilakukan masyarakat melalui aplikasi M-Paspor.

“Bagi para pemohon paspor dapat melakukan pengajuan permohonan melalui aplikasi M-Paspor,” kata Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Achmad Nur Saleh dikutip dari Jawapos.com, Minggu (5/2/2023).

Pembuatan paspor secara regular ini membutuhkan waktu empat hari kerja. Namun, apabila aplikasi tersebut mengalami kendala pemohon bisa melakukan clear cache atau logout, untuk kemudian login kembali.

BACA JUGA: Mantan Caleg 2019 Ini Masuk Bursa Calon Ketua KONI Kota Bekasi

“Apabila masih mengalami kendala, silakan clear cache lalu login ulang aplikasi M-Paspor,” ucap Nur Saleh.

Meski demikian, Imigrasi kini melakukan kemudahan dalam pembuatan paspor dengan melakukan jalur khusus. Tetapi, masyarakat harus menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 juta. Berbeda dengan pembuatan paspor regular yang tidak merogoh kocek dalam sebesar Rp 350 ribu dan Rp 650 ribu untuk paspor elektronik.

BACA JUGA: Pegawai Pemkot Bekasi Murka, Dilarang Parkir di Dalam, Parkir di Luar Digembosi

“Seperti halnya layanan paspor prioritas, pemohon percepatan paspor bisa langsung datang ke kantor Imigrasi dengan membawa dokumen persyaratan, yaitu KTP, KK, akta kelahiran, ijazah/buku nikah/surat baptis. Bagi WNI yang sebelumnya memiliki paspor terbitan setelah tahun 2009 di dalam negeri, cukup membawa KTP dan paspor lama,” ungkap Nur Saleh.

Menurut Saleh, pembuatan paspor jalur khusus sebesar Rp 1 juta itu akan dimasukan ke dalam penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Tarif PNBP percepatan paspor itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019.

Nur Saleh menyarankan, agar pemohon datang ke kantor imigrasi lebih awal, sehingga paspor dapat segera diproses untuk selesai di hari yang sama. Namun, masyarakat dapat menghubungi kantor Imigrasi (kanim) yang akan dituju untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait pelayanan percepatan paspor di kanim tersebut.

BACA JUGA: 7 Fakta Mobil Dinas DPRD yang Dipakai Anak SMA Pacaran Tanpa Busana dan Kecelakaan

“Jika pemohon datang di siang hari, terdapat kemungkinan paspor baru dapat selesai pada keesokan paginya,” pungkasnya. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin