Berita Bekasi Nomor Satu

Diuntungkan Dapil, PSI Kota Bekasi Syukuran

SYUKURAN: Pengurus DPD PSI Kota Bekasi saat menggelar syukuran atas penetapan lima dapil di Kota Bekasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Hiruk pikuk partai politik menyambut pengurangan jumlah daerah pemilihan (dapil) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif  2024 di Kota Bekasi masih berlangsung. DPD PSI Kota Bekasi menjadi pihak yang paling semringah atas keputusan KPU RI Nomor 6 Tahun 2023 ini.

Betapa tidak. Pengurus beserta kader PSI, pada Rabu (8/2) kemarin, menggelar syukuran atas penetapan lima dapil di Kota Bekasi. Ketua DPD PSI Kota Bekasi, Tanti Herawati menyampaikan, berkurangnya jumlah dapil yang pada pemilu sebelumnya sebanyak enam akan memberikan peluang kepada partainya meraih kursi di parlemen Kota Patriot.

Hera menyebut, sesuai dengan PKPU No 6 Tahun 2022 Tentang Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi kursi anggota DPRD Kab/Kota dalam Pemilu, dimana isi Pasal 2 KPU menyusun Dapil dengan memperhatikan prinsip yang diantaranya adalah kesetaraan nilai suara, integritas wilayah, kohesivitas dan kesinambungan.

“Dan buat kami prinsip kesetaraan nilai suara ini lah yang sangat-sangat diperhatikan. Jadi, dengan porsi 5 dapil yang sudah diketuk palu oleh KPU RI ini memang sudah sangat tepat dan memenuhi syarat sesuai isi dari Pasal 2 tersebut,” tuturnya.

BACA JUGA: Pemilu 2024 Menyusut dari 6 ke 5 Dapil, PKS Kota Bekasi: Ini Kemunduran, Sepelekan Logika Keterwakilan

Lanjut dia, sesuai ketetapan KPU RI ini setiap dapil yang saat ini berisi antara 9,10 dan 11 kursi dirasa sudah sangat setara tanpa ada ketimpangan. Dan kalau berbicara di 2019 dengan porsi 6 Dapil yang masing-masing dapil berisi 7,8,9 bahkan sampai 11 kursi itu jelas tidak kesetaraannya.

“Kalau bicara 2019 tak ada kesetaraan, hal ini bisa kita lihat ada dapil berisi 7 kursi dan 11 kursi. Ini kan sangatlah jauh, sehingga bukan setara tapi ketimpangan yang ada menurut saya,” ujarnya.

Sementara itu, DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Bekasi tak terlalu menghiraukan dengan penetapan dapil terbaru.

“Pada prinsipnya, kami dari PBB mau 6 atau 5 dapil siap aja, nggak ada masalah. Paling penting, adalah memperkuat mesin-mesin Partai di semua wilayah saja dan hal ini pun sudah kami intruksikan kepada para Ketua PAC di masing-masing wilayah,” kata Ketua DPC PBB Kota Bekasi, Kadirullah dihubungi Radar Bekasi, Kamis (9/2).

Namun demikian Kadirullah juga mengakui bahwa komposisi lima dapil ini memang bakal memberikan keuntungan bagi partainya.

“Jadi, kalau harus milih tentu lima dapil lebih bagus untuk partai-partai kecil karena persaingan akan lebih adil,” tuturnya.

PBB sejak optimis bisa capai target dengan raihan empat kursi DPRD Kota Bekasi pada Pileg 2024. Target itu didasari potensi para bacaleg yang dia miliki. “InsyaAllah, dari hasil mapping kita di setiap wilayah atau dapil, potensi untuk raih kursi itu ada,” tandasnya. (mhf)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin