Berita Bekasi Nomor Satu

Pemkab Hadirkan Program Botram

FOTO BERSAMA: Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan didampingi Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Charwinda foto bersama saat menghadiri kegiatan program kerja pada kegiatan Botram di Desa Cijengkol Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi, akhir pekan lalu. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menggelar program Berkolaborasi Terus Melayani (Botram), yang dinilai mampu mengoptimalkan pelayanan kepada publik dengan menyediakan layanan administrasi kependudukan, pengurusan dokumen, pembuatan tabungan pelajar, vaksin booster, hingga gerai UMKM.

Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, inovasi Botram ini dirasa bisa memberikan kualitas baru dari segi kepuasan, dengan didukung oleh antusias masyarakat yang berbondong-bondong hadir untuk mendapatkan layanan yang terintegrasi dan efisien.

“Dari tinjauan saya mereka senang dengan adanya ini, karena biasanya harus ke RT/RW, Desa, Camat sekarang cukup disini urusan beres. Dugaan saya, masyarakat pasti senang dan puas dengan layanan seperti ini,” ujarnya saat menghadiri kegiatan Botram di Desa Cijengkol Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi, akhir pekan lalu.

Dani sangat mengapresiasi inovasi pelayanan publik yang telah dikembangkan. Pasalnya, mampu mengkolaborasikan layanan-layanan pemerintah daerah dan BUMN dengan melibatkan antar instansi dan stakeholder.

“Inovasi yang dikembangkan Disdukcapil ini sangat bagus karena mengkolaborasikan layanan pemerintah daerah dan BUMN, jadi kita yang datang ke masyarakat, sehingga memberikan dampak juga untuk UMKM,” katanya.

Dirinya pun mendorong instansi lain untuk ikut berpartisipasi. Tidak hanya dalam memberikan pelayanan, namun juga bisa dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Ia berharap, kegiatan ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan di beberapa wilayah lainnya yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Saya akan dorong dinas lain untuk bergabung tidak hanya harus pelayanan bentuk administrasi, tapi juga dalam bentuk penyuluhan, konsultasi dan sosialisasi kepada masyarakat, pasti mereka akan terbantu,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Charwinda mengatakan, pencetusan program Botram ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi dan dokumen secara langsung dan selesai tepat pada hari yang sama.

“Program ini kami buat untuk memudahkan masyarakat mengurus administrasi dan lainnya secara langsung, semoga kedepan kegiatan ini berlanjut sesuai arahan Pak Pj. Bupati,” katanya.

Sebagai informasi, Program Botram ini hadir dengan berbagai layanan, yakni Disdukcapil dalam pengurusan administrasi kependudukan, dan pencetakan KTP, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas untuk melakukan vaksinasi booster, bank bjb untuk membantu pembuatan tabungan pelajar, Pos Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, serta gerai UMKM Kecamatan Setu. (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin