Berita Bekasi Nomor Satu

Sisi Sehat Puasa

Dosen Akademi Kebidanan Bunda Aluni  dr. Hadyan Rahmat  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Hampir semua mafhum bila puasa Ramadan dilaksanakan tak sekadar untuk mendulang ibadah. Ya, shaum juga memiliki manfaat dari segi kesehatan. Jika dirangkum ada beberapa keuntungan kesehatan yang bisa didapatkan bagi yang menjalankannya.

Keuntungan pertama adalah dapat mengontrol gula darah, dimana puasa sangat membantu dalam mengurangi resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah yang berlebih. Hal ini terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

Selanjutnya, mengurangi peradangan dimana saat sistem imun melawan infeksi, peradangan pada tubuh adalah hal yang wajar. Keadaan ini tentu tidak terasa nyaman, peradangan yang terus berlanjut justru akan berujung pada penyakit lain. Kelebihan dari puasa salah satunya adalah dapat mengurangi radang pada tubuh.

Meningkatkan kesehatan jantung, puasa juga baik untuk kesehatan jantung. Mengatur pola makan baik waktu makan dan memilih makanan juga memperhatikan gaya hidup merupakan cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA: Pacaran Bikin Puasa jadi Percuma

Meningkatkan fungsi otak, tidak hanya menjaga kesehatan jantung, puasa juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak.

Membantu menurunkan berat badan, puasa sangat bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Meningkatkan hormon pertumbuhan, tidak hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi puasa juga mempunyai manfaat yang mampu meningkatkan hormon pertumbuhan, salah satunya yakni meningkatkan hormon pertumbuhan kekuatan otot.

Dan yang terakhir adalah mencegah kanker, dengan berpuasa dapat membantu sel tubuh membersihkan diri melalui proses yang disebut autofagi. Dan dari tujuh hal tadi banyak penyakit yang akan terhindar dari tubuh kita, bahkan puasa adalah obat untuk orang dengan keluhan lambung hanya tentu harus diikuti dengan pemilihan makanan saat sahur dan berbuka yang baik. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin