Berita Bekasi Nomor Satu

Tetap Jaga Pola Makan Lebaran  

Wakil Direktur Rumah Sakit Ananda Bekasi, dr. Stefanry Hariyanto

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Lebaran adalah momen kita menyantap beragam rupa makanan khas “kolesterol”. Mulai dari opor, rendang hingga gulai. Belum ditambah kudapan ringan berupa kue yang mengandung gula yang tinggi. Dengan itu semua, masyarakat sebaiknya tetap menjaga keseimbangan asupan makanannya.

Silakan tetap makan sajian Lebaran asal juga diimbangi dengan mengonsumsi buah berserat tinggi seperti apel atau buah yang banyak mengandung air seperti melon, pepaya dan semangka. Itu akan berefek baik pada organ pencernaan kita lebih bekerja dan menstimulasi rasa lapar, sehingga kita lebih mampu untuk mengontrol jumlah porsi yang akan kita makan.

Setelah sedikit mampu mengontrol jumlah porsinya, selanjutnya adalah selektif dalam memilih menu yang akan kita makan atau minum. Makanan berlemak atau bersantan tetap bisa dinikmati namun tidak lebih banyak porsinya dibandingkan dengan sayur-sayuran. Kemudian setelah makan sebaiknya dihindari minuman manis, dan dianjurkan meminum banyak air putih.

BACA JUGA: Tips Mudik Nyaman bagi Bumil  

Selanjutnya adalah dengan cara menentukan waktu makan yang konsisten. Pada saat berpuasa kita diharuskan untuk makan sebelum subuh (sahur) dan berbuka saat magrib, hal tersebut menjadikan tubuh kita memiliki pola pencernaan yang baik.

Oleh karenanya walaupun tidak sedang berpuasa sebaiknya kita dapat menentukan waktu makan kita sendiri seperti saat sarapan pukul 07.00, makan siang pukul 11.00, dan makan malam pukul 17.00.

Terakhir adalah tetap mencoba untuk meningkatkan metabolisme tubuh dengan memperbanyak pergerakan pada anggota tubuh, seperti banyak jalan kaki, dan lain sebagainya. (dew)

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin