Berita Bekasi Nomor Satu

Setelah 18 Tahun Puasa, Tenis Putri Indonesia Akhirnya Raih Emas SEA Games 2023

Tunggal kedua Priska Madelyn Nugroho ketika menghadapi Lanlana Tararudee pada final di Tennis Arena Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, kemarin (9/5/2023). (BOBBY ARIFIN/JAWA POS)

RADARBEKASI.ID, PHNOM PENH – Setelah ”hanya” merebut medali perunggu di SEA Games 2021, tim beregu putri tenis Indonesia sukses meng-upgrade-nya menjadi medali emas.

Pada babak final di Tennis Arena Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Selasa (9/5/2023), Indonesia menang dengan skor 2-1.

Di partai pertama, Aldila Sutjiadi kalah oleh Anchisa Chanta dengan skor 6-7 (6-8), 3-6. Di pertandingan kedua, Priska Madelyn Nugroho sukses menyamakan kedudukan melalui kemenangan 3-6, 6-3, 6-3 atas Lanlana Tararudee.

BACA JUGA: SEA Games 2023, Garuda Muda Lolos ke Semifinal, Usai Libas Timor Leste 3 Gol Tanpa Balas

Sedangkan di partai penentuan, Aldila yang berpasangan dengan Jessy Rompies menundukkan Khumkum/Plipuech (6-3, 7-5).

Aldila patut diapresiasi. Sebab, di partai beregu putri kali ini, dia bermain dua kali di bawah terik matahari yang menyengat. Untungnya, kekalahan di partai pertama tidak membuyarkan fokusnya saat tampil di partai penentu.

’’Mereka mau memberikan yang terbaik. Rasa capek dan lelah itu hilang. Team spirit berasa sekali. Anak-anak luar biasa hari ini (kemarin),’’ kata kapten tidak bermain Indonesia Wynne Prakusya dikutip dari Jawa Pos.

BACA JUGA: SEA Games 2023, Garuda Muda Timnas U-22 Pesta Gol 5-0 ke Gawang Myanmar

Ya, ini emas pertama bagi tim setelah kali terakhir direbut pada 2005. Saat itu, Wynne masih bermain. Artinya, sudah 18 tahun tim beregu putri Indonesia menunggu kalungan medali emas.

Lantas, apa motivasi yang diberikan Wynne kepada para pemain untuk memutus rekor? ’’Motivasi yang saya berikan hanya mengingatkan, main beregu itu semua bisa terjadi. Jadi, harus semangat dan kasih yang terbaik setiap poin,’’ ucapnya.

Bagi Aldila, dukungan orang Indonesia yang hadir langsung, terutama tim tenis Indonesia, di sisi lapangan membuatnya bisa berjuang ekstra.

BACA JUGA: Gubernur Bali Pastikan Tolak Israel Lagi di World Beach Games 2023 Bali

’’Saya berterima kasih pada teman-teman tim putri dan semua. Dukungan mereka sangat berharga buat kami. Yang jelas, saya senang dengan hasil ini,’’ kata petenis Jawa Timur itu dalam keterangannya.

Jessy yang juga sebagai penentu kemenangan tak bisa menutupi rasa bahagianya. Apalagi bisa menjadi bagian sejarah mengembalikan medali beregu putri. ’’Yang jelas, kemenangan ini buat Indonesia,’’ kata Jessy Rompies seusai pertandingan. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin