Berita Bekasi Nomor Satu

Jalan Raya Perjuangan Satu Arah

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mulai hari ini Jalan Raya Perjuangan hanya bisa dilalui dua arah pada pukul 22.00 sampai dengan pukul 05.00, berlaku mulai dari Prima Harapan sampai dengan Duta Harapan. Maka, diluar waktu tersebut, masing-masing ruas jalan hanya bisa dilalui satu arah, baik menuju ke arah utara maupun selatan.

Ruas jalan di sisi barat kali perjuangan, mulai dari Prima Harapan sampai dengan Duta Harapan merupakan lanjutan pembangunan ruas jalan yang sebelumnya telah dibangun. Jalan yang telah lebih dulu dibangun, mulai dari Sasak Papan sampai Prima Harapan telah efektif berlaku satu arah dua tahun belakangan.

Kebijakan satu arah di ruas jalan tersebut pernah diberlakukan pada akhir tahun 2022. Namun, dalam praktiknya masih dijumpai pengguna jalan yang melanggar kebijakan lalu lintas tersebut.

“Untuk optimalisasi kita dapatkan dengan mengundang paguyuban warga sekitar, baik Prima Harapan, Duta Harapan, maupun Teluk Pucung, supaya nanti keputusannya final,” kata Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Teguh Indrianto, Kamis (11/5).

Disepakati, manajemen rekayasa lalu lintas atau arah segmen jalan Prima Harapan sampai Duta Harapan berlaku 05.45 sampai 08.00 pada hari Senin sampai Jumat. Sementara pada hari Sabtu dan Minggu, berlaku satu arah mulai pukul 08.00 sampai pukul 22.00.

Sistem dua arah hanya boleh berlaku penuh setiap hari pada pukul 22.00 sampai pukul 05.00. Petugas akan menyesuaikan rambu lalu lintas di kawasan tersebut sejak rekayasa lalu lintas dimulai, Jumat (11/5).

“Karena memang ada beberapa pertimbangan. Karena kendaraan besar masih banyak yang melintas, sehingga jalan perjuangan rusak, makanya belum bisa kita berlakukan 24 jam satu arahnya. Supaya nanti menjaga agar jalan lingkungan tidak semakin rusak,” ungkapnya.

Pihaknya akan menempatkan petugas di wilayah tersebut guna mengatur arus lalu lintas serta mensosialisasikan manajemen rekayasa lalu lintas kepada pengguna jalan. Dinas perhubungan juga bekerjasama dengan kepolisian, disamping warga sekitar yang membantu mensosialisasikan rekayasa lalu lintas tersebut.

“Kami bersama Satlantas Polsek Bekasi Utara akan menempatkan petugas kurang lebih dua Minggu sampai satu bulan kedepan. Untuk mengatur lalu lintas, evaluasi, sekaligus sosialisasi kepada pengguna jalan,” tambahnya.

Teguh berharap para pengguna jalan maupun warga sekitar dapat mentaati manajemen lalu lintas yang diterapkan mulai hari ini. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin