Berita Bekasi Nomor Satu

Besok Final SEA Games 2023, Begini Prediksi Susunan Pemain Garuda Muda vs Thailand, Ada Pengganti Pratama Arhan

Timnas U-22 Indonesia lolos ke babak final SEA Games 2023 setelah menang atas Vietnam. Indonesia vs Thailand akan berlangsung Selasa sore (16/5/2023) nanti. Foto: PSSI.org

RADARBEKASI.ID, PHNOM PENH – Pertandingan Timnas U-22 Indonesia vs Thailand di babak final SEA Games 2023 akan berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) besok.

Timnas U-22 Indonesia lolos ke babak final setelah menang atas Vietnam dengan skor 3-2 pada semifinal SEA Games 2023, Sabtu (13/5/2023).

Thailand yang sebelumnya mengalahkan Myanmar 3-0. Lolosnya Timnas U-22 Indonesia ke final SEA Games 2023 Kamboja bukan hanya membuka asa meraih medali emas.

BACA JUGA: PM Kamboja Marah Besar di SEA Games 2023, Ancam Bubarkan Sepak Bola, Ini Alasannya

Namun, juga momen penting bagi sepak bola nasional pasca-gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Indonesia seharusnya bisa menggelar salah satu agenda utama FIFA pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Ada enam kota yang disiapkan menjadi tuan rumah yakni Palembang, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya dan Bali. Persiapan maksimal juga sudah dilakukan.

BACA JUGA: Ini Rahasia Kemenangan 10 Pemain Timnas Indonesia Lawan Vietnam di SEA Games 2023

Namun, pada 29 Maret, FIFA sebagai otoritas tertinggi sepak bola dunia membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah.

Padahal persiapan drawing di Bali, 31 Maret sudah disiapkan. Ada beberapa hal yang menjadi sebab termasuk soal Israel. Piala Dunia U-20 akhirnya dipindah ke Argentina.

Mimpi pemain muda Indonesia untuk bisa bermain di Piala Dunia U-20 akhirnya kandas.

BACA JUGA: SEA Games 2023, Garuda Muda Taklukkan Tuan Rumah Kamboja, Juara Grup A Sempurna

Salah satu pemain yang harapannya sirna ialah Marselino Ferdinan dan kini menjadi pemain andalan di SEA Games 2023 Kamboja.

Marselino Ferdinan pada SEA Games 2023 benar-benar menunjukkan kelasnya. Pemain yang kini memperkuat tim kasta kedua Liga Belgia KMSK Deinze itu selalu menjadi motor timnas Garuda Muda dan tidak segan-segan mencetak gol.

Mantan pemain Persebaya Surabaya ini jelas akan menjadi tumpuan di laga final melawan Thailand.

BACA JUGA: Setelah 18 Tahun Puasa, Tenis Putri Indonesia Akhirnya Raih Emas SEA Games 2023

Perkiraan Susunan Pemain Timnas U-22 Indonesia

Di laga final SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand, pelatih Indra Sjafri kemungkinan bakal menurunkan formasi yang hampir sama, kecuali Pratama Arhan yang dipastikan tidak main karena terkena kartu merah saat lawan Vietnam.

Pada laga melawan Vietnam, pelatih Indra Sjafri menurunkan Ernando Ari untuk posisi penjaga gawang, Rizky Ridho, Amiruddin Bagas, Komang Teguh, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rachman Muhammad dan Ramadhan Sananta.

Untuk menghadapi Thailand kemungkinan susuan pemainnya adalah Ernando Ari (PG), Rizky Ridho, Amiruddin Bagas, Komang Teguh, Haykal Al Hafiz, Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rachman dan Muhammad Ramadhan Sananta.

BACA JUGA: SEA Games 2023, Garuda Muda Lolos ke Semifinal, Usai Libas Timor Leste 3 Gol Tanpa Balas

Meski demikian, Timnas Garuda Muda juga harus mewaspadai kebangkitan Thailand mengingat tim yang saat ini diasuh oleh Issara Sritaro juga ingin menunjukkan eksistensinya di kawasan Asia Tenggara.

Tim yang berjuluk Gajah Perang muda ini terakhir kali mendapatkan medali emas pada SEA Games 2017. Setelah itu dalam dua edisi terakhir dikuasi oleh Vietnam yang pada babak semifinal SEA Games 2023 dikalahkan Indonesia.

Didasarkan pada komposisi pemain dalam setiap laga, kondisi mental pemain hingga nyali di lapangan, Timnas U-22 Indonesia memang layak diandalkan untuk merebut medali emas.

BACA JUGA: SEA Games 2023, Garuda Muda Waspadai Timor Leste Minggu Sore Ini

Dan jika tidak di Phnom Penh, maka perjuangan Timnas Indonesia untuk meraih target medali emas bakal lebih panjang dalam dua, empat, enam atau delapan tahun mendatang.

Pengganti Pratama Arhan

Pelatih Timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri mengaku sudah menyiapkan pemain pengganti Pratama Arhan yang kualitasnya tidak jauh beda.

Bahkan pemain pelapis Pratama Arhan itu sudah masuk sebelas pemain pertama saat timnas melawan Kamboja di laga Grup A.

BACA JUGA: SEA Games 2023, Garuda Muda Timnas U-22 Pesta Gol 5-0 ke Gawang Myanmar

Adalah Haykal Al Hafiz. Pemain asal Sidoarjo Jawa Timur yang memperkuat Persikab Kabupaten Bandung pada kompetisi Liga 2 Indonesia bakal menjadi tumpuan menjadi bek kiri.

Kepiawaian Haykal Al Hafiz juga sudah teruji saat timnas mengalahkan Kamboja 2-1.

Saat itu, Indra Sjafri menurunkan Adi Satryo (GK), Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Komang Teguh Trisnanda, Haykal Al Hafiz, Taufany Muslihuddin, Beckham Putra, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Irfan Jauhari, dan Titan Agung. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin