Berita Bekasi Nomor Satu

Pendaftar Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Bekasi Minim

CEK: Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota Wilayah Zona II Bawaslu Jabar, Aip Syarifudin (berdiri) sedang mengecek proses pendaftaran yang berlangsung di Hotel Batiqa Jababeka Cikarang Selatan. ISTIMEWA  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Puluhan orang tercatat mendaftarkan diri sebagai calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi di penghujung masa pendaftarannya kemarin. Total pendaftar di Kabupaten Bekasi terbilang minim, jika dibandingkan dengan kabupaten maupun kota lainnya yang berada di wilayah zona II provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan data pendaftar dari kota dan kabupaten di wilayah zona II, sampai Rabu (7/6/2023) pukul 14.00 WIB, jumlah masyarakat Kabupaten Bekasi yang mendaftarkan diri hanya 55 orang, terdiri dari 20 perempuan dan 35 laki-laki. Sedangkan Kabupaten Karawang tercatat 78 pendaftar dengan komposisi 37 perempuan dan 41 laki-laki.

Kabupaten Purwakarta ada 28 pendaftar, 12 diantaranya perempuan dan 17 sisanya laki-laki. Sementara Kabupaten Subang menjadi wilayah dengan pendaftar terbanyak, yakni 83 orang, 38 diantaranya perempuan dan 45 laki-laki. Kota Bekasi ada 64 terdiri dari 28 perempuan dan 36 laki-laki.

“Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah harusnya memang antusiasnya tinggi. Tapi tidak begitu juga rumusnya,” ujar Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota Wilayah Zona II Bawaslu Jabar, Aip Syarifudin, kepada Radar Bekasi, Rabu (7/6/2023).

Diketahui, masa pendaftaran calon anggota Bawaslu dibuka sejak 29 Mei sampai 7 Juni 2023. Pendaftaran wilayah zona II yang meliputi Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Subang, Purwakarta, dan Karawang, desentralisasikan di Hotel Batiqa Jababeka, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA: 17 Calon Komisioner Bawaslu Kota Bekasi Terdaftar

Pada hari terakhir ini, Aip melihat ada peningkatan yang cukup signifikan dari pendaftar dari masing-masing daerah yang berada di wilayah zona II Jabar. Menurutnya, ini sesuai prediksi karena pada hari pertama, kedua, dan ketiga, pendaftar relatif senggang. Kemudian di hari terakhir ini pendaftar cukup lumayan padat.

“Mudah-mudahan ini menjadi salah satu indikator, bahwa antusias masyarakat di wilayah zona II untuk terlibat dalam pengawasan luar biasa,” katanya.

Dirinya menyakini, jumlah pendaftar akan terus mengalami perubahan sampai batas akhir pukul 23.59 WIB. Dengan banyaknya pendaftar dirinya berharap, agar benar-benar ada keterwakilan, baik afirmasi perempuan 30 persen. Setelah ini pendaftaran ini ditutup, Pansel akan melakukan verifikasi berkas. Apabila ada pendaftar yang belum melengkapi akan diberikan waktu dua hari.

“Bagi pendaftar yang sudah lengkap berarti aman, setidaknya memenuhi syarat administratif. Bagi yang tidak lengkap kita memberikan tambahan waktu untuk memperbaiki, dari 8 sampai 10 Juni 2023,” katanya.

Dari informasi yang Radar Bekasi himpun di lokasi pendaftaran, lima anggota Bawaslu Kabupaten Bekasi yang sekarang masih menjabat, tercatat semuanya kembali mendaftarkan diri. Seperti Syaiful Bachri, Akbar Khadafi, Khoirudin, Alip Widada, dan Aan Hasanah. (pra)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin