Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Solusi Transportasi dan Pengolahan Air, Taiwan Tawarkan Kerjasama Teknologi dengan Perusahaan Indonesia

Delegasi perusahaan Taiwan berkunjung ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menawarkan kerjasama teknologi transportasi dan pengolahan air. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) memperkenalkan sejumlah perusahaan asal Taiwan yang memiliki solusi di bidang transportasi dan pengolahan air, dan menawarkan kerjasama teknologi dengan perusahaan-perusahaan Indonesia, melalui acara bertajuk Taiwan Trade Mission for Intelligent Transportation and Water Treatment yang digelar pada 13-17 Juni 2023 yang lalu.

Dalam event yang dihadiri oleh sebanyak 10 perusahaan asal Taiwan tersebut, diisi dengan acara diskusi dan bertukar pikiran dengan perusahaan lokal dan instansi pemerintah.

Sejumlah perusahaan asal Taiwan yang hadir yaitu FETC International Co., Ltd. yang menyediakan Sistem Pembayaran Tol Tanpa Henti MLFF, kemudian Merit Lilin Ent. Co., Ltd. menawarkan sistem pemrosesan gambar berbasis AI untuk meningkatkan manajemen lalu lintas dan efisiensi penegakan hukum, lalu Master Transportation Bus Manufacturing Ltd. yang memproduksi bus listrik untuk mematuhi kebijakan transportasi nol emisi karbon ibu kota baru.

Kemudian ada juga Advantech Co., Ltd. yang menyediakan sistem manajemen armada cerdas untuk meningkatkan efisiensi transportasi dalam bisnis pertambangan, kemudian TEST Post-Tensioning Ltd. yang pembuatan komponen penting untuk meningkatkan ketahanan seismik dan keamanan jembatan dan bangunan besar, serta Sinotech Engineering Consultants, Ltd. yang menyediakan desain teknik dan layanan konsultasi yang paling sesuai dengan kebutuhan lokal.

Selanjutnya ada Taiwan Security Net Co., Ltd. yang menyediakan sistem proteksi yang meningkatkan keselamatan perkeretaapian, bandar udara, dan pertambangan, kemudian HCP Pump Manufacturer Co., Ltd. yang menawarkan pompa yang dapat digunakan dalam pengolahan air yang komprehensif, hingga Ever-Clear Environmental Eng. Corp. dan Industrial Technology Research Institute yang menyediakan teknologi dan solusi pengolahan air dan daur ulang.

Pertemuan perdagangan 1-on-1 dalam misi dagang ini dihadiri oleh pejabat dari Kementerian Perhubungan Indonesia, yang menyampaikan apresiasi atas integrasi teknologi Taiwan dalam pengembangan transportasi dan terkesan dengan daya tahan baterai bus listrik.

Tidak hanya itu, salah satu kontraktor umum di Indonesia, PT. Waskita Karya, turut menunjukkan ketertarikannya pada komponen yang dapat meningkatkan ketahanan seismik dan keamanan jembatan dan bangunan besar dari TEST Post-Tensioning Ltd., serta teknologi pengolahan air dari Ever-Clear Environmental Eng. Corp. dan Industrial Technology Research Institute.

Sedangkan, WIKA menyatakan ketertarikannya pada sistem proteksi untuk situs pengerjaan dari Taiwan Security Net Co., Ltd., dan desain teknik dan layanan konsultasi dari Sinotech Engineering Consultants, Ltd.

Selain itu, Ketua Asosiasi IOT Indonesia, Teguh Prasetya, juga hadir dan mendorong perusahaan-perusahaan Taiwan untuk mengembangkan solusi transportasi ramah lingkungan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Pertemuan perdagangan ini menarik 37 perusahaan Indonesia untuk mendiskusikan peluang kerjasama.

Selain temu dagang, para delegasi juga mengunjungi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperkenalkan inovasi teknologi jalan tol dan Otoritas Ibu Kota Baru untuk mempelajari rencana pembangunan Nusantara.

Selain itu, mereka juga menghadiri forum yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Indonesia di Taipei dimana PT. Delameta Bilano berbagi pengalaman dalam mengimplementasikan proyek transportasi pintar di Indonesia, dan PT. Jakarta Propertindo mempresentasikan rencana pengembangan transportasi pintar dan sumber daya air di Jakarta. Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) juga memperkenalkan cetak biru pembangunan ibu kota baru.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada TAITRA, Taiwan Trade Center, Jakarta dan Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Indonesia di Taipei atas upaya mereka dalam mengatur jadwal dan pertemuan. Para anggota delegasi berharap dapat menjalin kerja sama lebih lanjut dengan perusahaan Indonesia di masa mendatang,” kata Direktur Penjualan APAC Merit Lilin Ent. Co., Ltd., Jerry Lu yang juga bertindak selaku pimpinan delegasi perusahaan Taiwan. (oke)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin