Berita Bekasi Nomor Satu

Ini 5 Pemain Timnas Indonesia Calon Bintang Bersinar di Piala Dunia U-17

Pelatih Indonesia U-17 Bima Sakti (kiri) memeluk Arkhan Kaka usai kalah melawan Malaysia U-17 dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala AFC U17 di Stadion Pakansari. HARITSAH ALMUDATSIR/Jawa Pos

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 membuat PSSI harus bersiap secepat mungkin, apalagi turnamen prestisius itu akan dihelat pada 10 November-2 Desember 2023.

Artinya, otoritas sepak bola Tanah Air itu hanya menyisakan beberapa bulan lagi sebelum mengikuti turnamen tersebut. Dan, ini tentunya bukan pekerjaan yang mudah, baik mempersiapkan sarana dan prasarana maupun pembentukan timnas Indonesia U-17.

PSSI sejatinya tak terlalu memusingkan terkait venues yang bakal dijadikan tempat pertandingan, karena FIFA sebelumnya sudah melakukan verifikasi terhadap enam stadion di Indonesia sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, yang akhirnya dibatalkan.

BACA JUGA: Bima Sakti Terpilih Pelatih Timnas Indonesia U-17, Ini Alasannya

FIFA menyatakan kelayakan stadion seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Kapten I Wayan Dipta, dan Stadion Jakabaring.

Lalu, bagaimana dengan persiapan timnas Indonesia U-17? Skuad Garuda Muda sejatinya sempat dipoles Pelatih Bima Sakti, dan mereka menjuarai AFF U-16 Youth Championship 2022.

Secara persiapan, tim ini tinggal dipoles agar lebih maksimal lagi. Dan, terdapat lima pemain yang dianggap bisa bersinar ketika berlaga di Piala Dunia U-17 nanti.

BACA JUGA: FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17

1. Kafiatur Rizky

Kafiatur Rizky merupakan salah satu pemain andalan di skuad Timnas Indonesia U-17. Dia merupakan seorang gelandang yang kini bermain bersama Borneo FC. Dia sudah mengoleksi sembilan penampilan bersama timnas Indonesia U-17 dengan sumbangsih tiga gol.

2. Iqbal Gwijangge

Pemain ini merupakan salah satu aktor kesuksesan Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2022. Dia bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen itu.

Dia juga tercatat sebagai kapten timnas Indonesia U-17, di mana dirinya sudah bermain sebanyak delapan kali.

BACA JUGA: Fans Bola dan Coldplay Berebut Stadion GBK Usai FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

3. Nabil Asyura

Nabil merupakan salah satu mesin gol di skuad Timnas Indonesia U-17. Bakatnya dalam mencetak gol sudah tidak perlu diragukan lagi, di mana dirinya merupakan topskor di Piala AFF U-16 2022. Dia mengoleksi empat gol di turnamen tersebut. Kegemilangan itu berlanjut pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan mencetak dua gol.

4. Sulthan Zaky

Sulthan tampil taktis bersama timnas Indonesia U-17. Fakta itu pula yang membuatnya mendapat perhatian khusus dari Shin Tae-yong.

Pemain yang beroperasi sebagai bek itu dibawa Shin Tae-yong ke Uzbekistan untuk mengikuti Piala Asia U-20 2023. Pada saat itu, pemain PSM Makassar itu pun menjadi pemain termuda di skuad Timnas Indonesia U-20.

5. Arkhan Kaka

Pemain ini juga sempat mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong, di mana dirinya sempat menjalani pemusatan latihan bersama timnas Indonesia U-20. Namun, namanya dicoret saat Garuda Muda tampil di Piala Asia U-20 2023.

Kendati demikian, kiprah Arkhan Kaka di Timnas Indonesia U-17 sudah tidak perlu diragukan lagi. Dia menjadi andalan di lini depan skuad asuhan Bima Sakti. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin