Berita Bekasi Nomor Satu

Timnas Indonesia Taklukkan Thailand 3-1, Tantang Vietnam di Final Piala AFF U-23 2023

Timnas U-23 Indonesia mengalahkan Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong, Thailand, Kamis (24/8/2023) malam. Foto: PSSI.

RADARBEKASI.ID, THAILAND – Timnas U-23 Indonesia sukses melaju ke final Piala AFF U-23 2023 setelah menang 3-1 atas Thailand pada babak empat besar di Stadion Rayong, Thailand, Kamis (24/8/2023) malam.

Jeam Kelly Sroyer, M Ferarri, dan gol bunuh diri Natcha Promsomboon membawa Garuda Muda unggul.

Performa Timnas U-23 Indonesia memang terlihat berbeda dibandingkan saat main di fase grup. Tak ada beban yang terlihat, permainan Garuda Muda mengalir dan bisa terus menekan pertahanan Thailand.

BACA JUGA: Kalah 1-2 dari Malaysia, Indonesia Wajib Menang Besar Lawan Timor Leste Minggu Besok

Permainan keras saat melakukan pressing diperagakan penggawa Timnas U-23 Indonesia. Gaya main itu membuat merusak konsentrasi pemain Thailand hingga mereka tak bisa memainkan pola dengan baik.

Sebaliknya, Indonesia terlihat nyaman bermain, dan membuka keunggulan pada menit ke-10 lewat gol Jeam Kelly Sroyer. Sepakan kencangnya dari luar kotak penalti tak bisa diantisipasi kiper Thailand. Indonesia memimpin 1-0.

Keunggulan itu membuat Garuda Muda makin semangat. Mereka termotivasi untuk mencetak gol tambahan.

BACA JUGA: Menang Tipis Lawan Timor Leste, Shin Tae Yong Beralasan Begini

Kesempatan itu akhirnya datang pada menit ke-23 via gol tandukan Ferarri memanfaatkan lemparan jarak jauh yang dilepaskan Robi Darwis.

Skor 2-0 keunggulan Indonesia tak bertahan lama. Pada menit ke-27, Thailand memperkecil kedudukan setelah Chukid Wanpraphao berhasil memanfaatkan corner kick yang dilepaskan Thanison. Gol, tuan rumah mengejar ketertinggalan menjadi 1-2.

Menjelang turun minum, Indonesia makin di atas angin setelah bek Thailand mencetak gol bunuh diri.

BACA JUGA: Cedera Saat Pertandingan Piala AFF 2023, Dua Pemain Timnas Dijamin BPJS Ketenagakerjaan

Berawal dari crossing Haykal Alhafiz, bola coba diamankan pemain Thailand Promsomboon. Namun, upayanya gagal karena bola malah mengarah ke gawangnya sendiri dan mengubah kedudukan.

Untuk sementara, Indonesia unggul 3-1 atas Thailand. Skor itu tak berubah sampai wasit meniup peluit tanda akhir babak pertama.

Pada babak kedua, Thailand tampak bermain lebih agresif., sementara Timnas U-23 Indonesia tak menurunkan pressing dan tetap menjaga pola permainan.

Kondisi itu benar-benar membuat pemain Thailand kelabakan. Meski Thailand sempat beberapa kali mendapatkan peluang, performa Ernando Ari Sutaryadi di bawah mistar gawang cukup apik.

Menjelang laga waktu normal usai, Thailand bermain sangat keras. Beberapa kali pemain Indonesia dilanggar sampai harus kesakitan.

Tambahan waktu yang mencapai enam menit, tak bisa mengubah kedudukan. Sampai laga usai, skor 3-1 keunggulan Timnas U-23 Indonesia atas Thailand tetap bertahan.

Dengan hasil tersebut, Indonesia melaju ke partai final Piala AFF U-23 2023 dan akan bersua Vietnam yang sebelumnya mengalahkan Malaysia dengan skor telak 4-1 di semifinal. (jpnn)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin