Berita Bekasi Nomor Satu

Kalah 1-2 dari Malaysia, Indonesia Wajib Menang Besar Lawan Timor Leste Minggu Besok

Timnas U-23 Indonesia keok dari Malaysia di laga perdana Grup B Piala AFF U-23 2023. Foto: PSSI

RADARBEKASI.ID, THAILAND – Timnas U-23 Indonesia takluk 1-2 dari Malaysia dalam laga Grup B Piala AFF U-23 di Rayong Province Stadium, Thailand, Jumat (18/8/2022) malam.

Indonesia langsung panas pada awal-awal babak. Mereka terus menekan Malaysia untuk bisa mencetak gol terlebih dahulu. Namun, disiplinnya barisan pertahanan lawan, membuat serangan Indonesia bisa dipatahkan.

Saat asyik menyerang, salah satu pemain Indonesia sempat melakukan blunder di daerah pertahanan sendiri. Malaysia mendapatkan peluang emas, tetapi kiper Indonesia Ernando Ary Sutaryadi mampu menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

BACA JUGA: Cedera Saat Pertandingan Piala AFF 2023, Dua Pemain Timnas Dijamin BPJS Ketenagakerjaan

Setelah itu, Malaysia sempat mengurung pertahanan Indonesia. Beruntung, Ferarri dan kawan-kawan bisa lepas dari tekanan dengan mengandalkan mobilitas pemain dan memanfaatkan bola panjang.

Skuad Garuda Muda akhirnya bisa unggul 1-0 melalui aksi individual Ramadhan Sananta. Striker Persis Solo itu berhasil mengecoh satu bek Malaysia, kemudian melaju ke dalam kotak penalti dan mengelebaui dua pemain lawan dengan sontekannya.

Bola melaju deras ke tiang jauh dan membentur tiang sebelum memantul masuk ke gawang Malaysia. Gol, Timnas U-23 Indonesia memimpin 1-0 atas Malaysia pada menit ke-29.

BACA JUGA: Ini 5 Pemain Timnas Indonesia Calon Bintang Bersinar di Piala Dunia U-17

Keunggulan itu tidak mengendurkan serangan Indonesia. Sebaliknya, Malaysia belum bisa keluar dari tekanan. Terhitung, ada dua peluang tambahan dihasilkan Skuad Garuda Muda melalui sepakan bebas Beckham Putra dan tendangan Bagas Kaffa.

Namun, dua peluang itu belum bisa menjadi gol karena apiknya performa kiper Malaysia.

Alhasil, sampai peluit tanda berakhirnya babak pertama, tak ada gol lagi tercipta. Timnas U-23 Indonesia untuk sementara unggul 1-0 atas Malaysia.

BACA JUGA: Bima Sakti Terpilih Pelatih Timnas Indonesia U-17, Ini Alasannya

Memasuki babak kedua, Timnas U-23 Indonesia tampil lebih percaya diri. Serangan langsung dilancarkan oleh Skuad Garuda Muda ke pertahanan Malaysia untuk menambah gol.

Sebuah peluang dihasilkan oleh Sananta pada menit ke-49. Sayang, sepakannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang Malaysia. Terus tertekan, Hariumau Muda ternyata bisa mencuri gol.

Berawal dari pergerakan Fergus Tierny di sisi kanan pertahanan Indonesia, dia melakukan tusukan. Kadek Arel terus menempel, tetapi sejurus kemudian Tierny jatuh di dalam kotak terlarang. Wasit menganggp itu pelanggaran dan memberikan penalti ke Malaysia.

BACA JUGA: Indonesia Tersingkir Piala AFC U-20, Shin Tae Yong Bilang Begini

Tierny mengambil sendiri sepakan penalti itu dan berhasil mengkonversinya menjadi gol. Skor Timnas U-23 Indonesia vs Malaysia menjadi imbang 1-1 pada menit ke-54.

Pada menit ke-62, kemelut terjadi setelah Malaysia melancarkan serangan. Bola liar memantul mengenai pemain Indonesia dan mengarah ke Tierny.

Tanpa ampun, pemain keturunan itu kembali mencetak gol dan membuat Indonesia kini tertinggal dari Malaysia dengan skor 1-2.

Dalam situasi tertinggal, Indonesia menggebu-gebu untuk menyerang. Beberapa peluang dihasilkan, tetapi belum ada yang bisa menjadi gol.

Performa apik kiper Malaysia menjadikan beberapa peluang yang didapatkan Indonesia tak bisa berbuah skor tambahan.

Sampai peluit panjang dibunyikan, Timnas U-23 Indonesia tak mampu membalas dan harus mengakui keunggulan Malaysia dengan skor 1-2.

Dengan hasil ini, Indonesia wajib menang dengan skor besar saat menghadapi Timor Leste dalam laga kedua Grup B pada Minggu (20/8/2023) malam nanti. (jpnn)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin