Berita Bekasi Nomor Satu

LRT Jabodetabek Resmi Beroperasi, Kereta Cepat Kapan?

Petugas LRT berjalan di Depo LRT Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (12/7/2023). Uji coba untuk masyarakat umum sementara dihentikan menunggu proses evaluasi. Raiza Septianto/Radarbekasi.id

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – LRT Jabodebek resmi beroperasi mulai hari ini, Senin (28/8/2023). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan peresmian dan beroperasinya LRT Jabodebek ini sebagai wujud komitmen dan janji pemerintah kepada masyarakat.

“Hari ini menjadi hari yang bersejarah karena moda transportasi Light Rail Transit atau Lintas Raya Terpadu (LRT) Indonesia akhirnya dapat diresmikan. Alhamdulillah pencapaian besar pembangunan di sektor transportasi yang semakin maju,” kata Menhub Budi dalam peresmian LRT Jabodebek di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Timur, Senin (28/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Menhub mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang telah memberikan inspirasi besar bagi angkutan publik perkotaan yang maju. Budi menilai, kehadiran LRT Jabodebek ini merupakan buah dari keberanian Presiden Jokowi dalam memimpin negeri.

BACA JUGA: Jajal Uji Coba LRT, Plt Wali Kota Bilang Begini

Tak hanya LRT, sebelumnya juga Pemerintah sudah meresmikan Moda Raya Terpadu (MRT). Bahkan, sebentar lagi akan diresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

“Berkat kepemimpinan dan keberanian beliau telah kita mulai MRT atau moda raya terpadu. Kini kita mengoperasikan LRT Jabodebek, lalu sebentar lagi kita akan meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung,” imbuhnya.

Budi mengatakan, LRT Jabodebek merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mewujudkan transportasi yang terintegrasi dan ramah lingkungan. Budi berharap konsep transportasi di Jabodebek ini dapat menjadi contoh bagi pengembangan transportasi perkotaan di seluruh Indonesia.

“Salah satu upaya kita untuk mencapai ramah lingkungan tetapi juga mengutamakan safety dan layanan, yaitu sudah terintegrasi ke berbagai moda transportasi lain di ibu kota dan sekitarnya yaitu KRL, lalu BRT atau bus, lalu sekarang juga sudah ada MRT dan juga Jaklingko, hingga nantinya integrasi ini dapat juga mencapai Bandung,” kata Budi.

BACA JUGA: Menjajal LRT Jabodebek

Budi juga menuturkan, LRT Jabodebek ini dikembangkan dengan teknologi transportasi perkeretaan yang modern dan maju. “Wujud modernisasi transportasi publik dengan berteknologi perkeretaapian yang semakin mumpuni dan kita harus bangga karena ini dikerjakan para anak bangsa,” tutur Budi.

Lebih lanjut, Budi mengucapkan terima kasih kepada sejumlah Kementerian dan BUMN terkait. Meliputi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, PT KAI, Adhi Karya, INKA, PJ Gubernur DKI dan Gubernur Jawa Barat.

Tak hanya itu, Menhub mengucap terima kasih kepada perguruan tinggi yang telah bekerja sama dan bekerja keras untuk memastikan LRT dapat beroperasi dengan baik.

BACA JUGA: Uji Coba Operasional LRT ke Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi Batal, Ini Penyebabnya

“Oleh karenanya kita harapkan operasi hari ini berjalan dengan selamat, aman dan tak lupa dihaturkan terima kasih juga kepada konsultan, para media, para penggiat seni, dan penggiat transportasi yang sudah memberikan dukungan terhadap kegiatan LRT ini,” tandasnya. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin