Berita Bekasi Nomor Satu

Ribuan Mahasiswa Ubhara Jaya Ikuti Pekan PKKMB

AJUKAN PERTANYAAN: Mahasiswa baru Ubhara Jaya mengajukan pertanyaan kepada narasumber saat talkshow Pekan PKKMB di Auditorium Ubhara Jaya Grha Tanoto, Senin (5/9/2023). EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ribuan mahasiswa Universitas Jakarta Raya (Ubhara Jaya) dengan memakai kemeja putih dan celana hitam serta jaket almamater memadati Auditorium Ubhara Jaya Grha Tanoto, Senin (4/9/2023). Ya, para mahasiswa baru tersebut tengah mengikuti pekan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023.

Acara yang menandai dimulainya Tahun Akademik 2023/2024 bagi mahasiswa baru ini bertema, “Membangun Karakter Mahasiswa Ubhara Jaya yang Tangguh dan Berintegritas di Era Digital untuk Menyongsong Indonesia Maju 2045”, dibuka langsung oleh Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bambang Karsono.

Pekan PKKMB ditandai dengan pelantikan mahasiswa baru. Dalam pelantikan ini, Rektor Ubhara Jaya secara simbolis memakaikan jaket almamater dan pemasangan tanda peserta kepada tujuh mahasiswa perwakilan dari masing-masing fakultas. Menurut Prof. Bambang, PKKMB berlangsung mulai 4 sampai 8 September 2023.

“Pekan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru yang dilaksanakan oleh Ubhara Jaya selalu berpedoman pada empat pilar yang digariskan dari Kemendikbudristek yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu berbagai materi pengembangan terkait Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Anti Narkotika dan Pendidikan Anti Korupsi yang menjadi materi materi inti yang kami berikan kepada para calon mahasiswa baru,” jelas Rektor.

Lebih jauh, Rektor Bambang mengatakan, tahun ini Ubhara Jaya menerima 2.169 mahasiswa baru, yang terdiri dari 2.067 mahasiswa S1, 74 mahasiswa S2 dan 28 mahasiswa S3. Ubhara Jaya mewajibkan kepada calon mahasiswa untuk dilakukan tes urine.

“Ini menjadi bentuk komitmen kami, untuk menciptakan lingkungan akademik yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. Komitmen yang telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir dengan bekerja sama dengan BNN,” tegas Rektor lagi.

BACA JUGA: Mahasiswa tak Wajib Buat Skripsi

Selain itu, sebagai upaya mendorong mahasiswa memiliki kemampuan penguasaan bahasa asing dalam menyongsong persaingan di dunia kerja, Ubhara Jaya juga menggelar menu wajib Test TOEFL bagi mahasiswa baru Ubhara Jaya.

Berbagai kegiatan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa baru digelar dengan menghadirkan talkshow menarik dan berbagai narasumber yang kompeten diantaranya terkait tema-tema mengenai, “Mengenal Pendidikan Tinggi di Era 4.0 dan 5.0 dan Program MBKM, “Peran Generasi Muda dalam Menghadapi Tantangan Bangsa Melalui Sikap Bela Negara, ”Partisipasi Generasi Muda: Wujudkan Indonesia Bebas Narkoba dan “Aktivisme Sosial Generasi Muda Anti Korupsi, Radikalisme dan Terorisme.

Pengenalan setiap Program Studi di Ubhara Jaya juga diberikan kepada mahasiswa, termasuk peluang-peluang beasiswa yang dapat diperoleh selama kuliah. Selain terkait aktivitas akademik, Ubhara Jaya yang selama ini dikenal dengan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang telah menorehkan berbagai torehan prestasi positif juga memperkenalkan beragam Unit-unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) yang dapat diikuti oleh mahasiswa, mulai dari Paduan Suara Mahasiswa Bharagita, UKM di bidang Seni dan juga berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa di bidang olahraga. (oke)

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin