Berita Bekasi Nomor Satu

BK Belum Beri Sanksi Anggota DPRD Pembolos

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sudah menjadi rahasia umum, banyak anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang jarang hadir di rapat komisi bahkan sidang paripurna. Wakil rakyat yang kerap absen dan tidak bertanggung jawab itu, dinilai layak menyandang gelar sebagai wakil rakyat.

Salah satu Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Iin Farihin, diduga tak pernah mengikuti sidang paripurna sejak dilantik untuk periode 2019-2024.

Namun hingga saat ini, belum ada keputusan dari Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Bekasi, setelah mengunjungi kediaman Iin yang juga merupakan Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Bekasi.

”Saya sudah dapat laporan secara lisan dari Ketua BK DPRD, Jampang Hendra Atmaja, tapi hasil kunjungan tersebut perlu dirapatkan terlebih dahulu,” beber Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah.

Saat ditanya secara detail atas tidak pernah hadirnya Iin sebagai anggota dewan?, Holik hanya tersenyum.

”Jadi, memang seharusnya rekan kami (Iin Farihin), harus mengikuti setiap kegiatan yang ada di DPRD sebagaimana mestinya. Tapi masyarakat atau teman-teman media bisa melihat secara langsung, apakah pernah hadir pada sidang paripurna?,” tanya Holik.

Diketahui, Iin merupakan salah satu Anggota DPRD Kabupaten Bekasi yang berasal dari daerah pemilihan (dapil II), meliputi Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Cikarang Barat.

Walaupun Iin jarang ngantor, bahkan tidak pernah ikut sidang paripurna, tapi belum ada sanksi berupa tegas yang diberikan oleh BK DPRD Kabupaten Bekasi.

“Kalau sanksi hanya sebatas teguran. Karena belum lama ini, teman-teman dari BK DPRD Kabupaten Bekasi, sudah mendatangi rumah yang bersangkutan. Tapi kami dari pimpinan DPRD. masih menunggu laporan secara tertulis,” kata Holik.

Sementara Ketua BK DPRD Kabupaten Bekasi, Jampang Hendra Atmaja, belum bersedia memberi keterangan dengan alasan masih ada kegiatan.

“Nanti dulu ya, saya lagi kegiatan. Udah ya udah ya,” jawabnya singkat saat dihubungi Radar Bekasi. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin