Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Kawasan Utara Timur Jakarta Kian Menjanjikan

Foto udara Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang telah rampung pembangunannya di Tarumajaya Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kawasan Utara Timur Jakarta kian menjanjikan bagi industri properti, khususnya perumahan. Hal ini terkait erat dengan perkembangan infrastruktur jalan tol di wilayah ini. Akses tol memiliki dampak positif terhadap nilai jual proyek properti. Bahkan, harga perumahan yang terhubung dengan jalan tol dapat naik hingga 20 persen lebih.

Pentingnya akses yang efisien telah menjadi pemicu utama pertumbuhan kawasan, terutama dalam hal pengembangan perumahan baru. Pemerintah pun telah menunjukkan komitmen seriusnya dalam pengembangan infrastruktur melalui percepatan proyek pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Tidak hanya itu, lima dari enam ruas tol dalam proyek ini juga telah mendapatkan status Proyek Strategis Nasional (PSN).

Kehadiran Tol  Cibitung-Cilincing yang merupakan jaringan jalan tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta- Bogor-Depok- Tangerang- Bekasi) menghubungkan konektivitas kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Ruas tol ini menjadi yang ditunggu-tunggu, karena akan sangat berperan penting untuk mempermudah aksesibilitas dari Jakarta ke timur Jakarta dan sebaliknya.

Seperti diketahui, bahwa jalan tol ini menyambung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dan Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan serta Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara. Jalan tol ini menghubungkan kawasan DKI Jakarta, yaitu dari Cibitung Kabupaten Bekasi dengan Cilincing, Jakarta Utara.

Dengan demikian, kawasan Utara Timur Jakarta yang terkoneksi dengan jalan tol ini nantinya akan tumbuh dan berkembang dengan pesat, baik dari sisi ekonomi maupun pertumbuhan kawasannya. Peran JORR 2 dalam mendukung ekonomi dan mobilitas di Kota Jakarta tidak bisa diremehkan. Keberadaan JORR 2 memang mengambil peran yang sangat krusial dalam menopang ekonomi dan mobilitas Kota Jakarta. Bahkan, dampaknya begitu besar sehingga dianggap dapat mengubah wajah Jakarta dan wilayah penyangganya ketika sudah sepenuhnya beroperasi.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FE-UI) tentang Dampak Pembangunan Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi, peningkatan stok jalan sebesar 1 persen dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 8,8 persen.

Para ahli properti pun telah memprediksi potensi besar Kawasan Utara Timur Jakarta sebagai “The New Kelapa Gading” dan sebagai area “Sunrise Property” yang sangat diminati oleh para pencari properti.

Prediksi kuat pun datang dari pakar properti mengenai potensial Kawasan Utara Timur Jakarta yang disebut-sebut akan menjadi The New Kelapa Gading dan Sunrise Property paling diburu property seekers. Keyakinan ini semakin diperkuat dengan hadirnya Jalan Tol Cibitung – Cilincing yang dianggap dapat meningkatkan perkembangan ekonomi dan properti di wilayah tersebut. Dampak positifnya akan membuat wilayah sekitarnya menjadi pusat pertumbuhan yang menawarkan berbagai peluang.

Salah satu pengembang nasional yang menggarap seksinya bisnis properti di kawasan Utara Timur Jakarta, lintasan Tol Cibitung-Cilincing, yakni Summarecon Agung melalui proyek Summarecon Crown Gading. Proyek township seluas hampir 437 hektare ini berlokasi strategis, persis di samping jalan tol JORR 2 yang menghubungkan kawasan Jakarta Utara dengan Cibitung dan Cikarang di kawasan timur Bekasi, juga terkoneksi dengan Tol Jakarta-Cikampek.

Jalan tol baru ini akan memudahkan dan mempercepat mobilisasi warga dari dan menuju Jakarta dari wilayah Utara-Timur Jakarta. Berjarak hanya 1 kilometer dari pintu tol Tarumajaya, dengan kemudahan akses ini, Summarecon Crown Gading akan berkembang cepat menjadi pusat kawasan bagi destinasi regional utara-timur Jakarta, sebuah primadona properti terbaru.

Summarecon Crown Gading menggandeng Sibarani Sofian untuk merancang masterplan SCG, seorang master planner dengan reputasi internasional yang memenangkan sayembara desain Ibu Kota Baru (IKN), sekaligus Ketua Terpilih Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia 2022-2025. Diharapkan dengan kehadiran Tol JORR 2 dan ekspansi Summarecon di Utara Timur Jakarta dapat meningkatkan perkembangan ekonomi dan properti di wilayah tersebut. Dampaknya akan menjadikan wilayah sekitarnya menjadi titik-titik pusat pertumbuhan yang menawarkan berbagai peluang. (oke)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin