Berita Bekasi Nomor Satu

Disperindag Gencar Gelar “Petarung Keling”

ILUSTRASI : Pedagang daging melayani pembeli di Pasar Baru Bekasi, belum lama ini. Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdaperin) melakukan uji coba pelayanan Tera dan Tera Ulang Keliling (PETARUNG KELING) pada bulan November sampai Desember 2023. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi sedang gencar melangsungkan program uji coba Pelayanan Tera dan Tera Ulang Keliling (Petarung Keling) sejak November sampai dengan Desember.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi, Robert TP Siagian menjelaskan, pelaksanaan uji coba Petarung Keling gratis biaya retribusi Tera dan Tera Ulang.

“Selama pelaksanaan uji coba Petarunh Keling diberikan pembebasan biaya retribusi Tera dan Tera ulang,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (19/11).

Program Petarung Keling ditujukan kepada sejumlah pedang pasar, pemilik usaha laundry, apotek, toko obat, serta usaha yang menggunakan alat ukur lainnya. Sejauh ini Disperindag telah melancarkan kegiatan uji coba Petarung Keling di Pasar Rawalumbu, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu.

Dalam kegiatannnya, Petarung Keling dilaksanakan oleh bidang metrologi legal bekerjasama dengan pengurus pasar Rawalumbu.

Robert menjelaskan, Program Petarung Keling dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan aktifitas berbelanja, terutama pada sejumlah pasar tradisional.

“Ini perlu dilakukan karena dengan melakukan Tera dan Tera Ulang ini, dapat diketahui jika ada alat timbang atau alat ukur yang mengalami perubahan yang diakibatkan oleh penggunaan berulang kali,” tuturnya.

Uji coba Petarung Keling ini, sambung Robert, juga dikaitkan dalam upaya menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2023 yang akan datang.

“Bisa dikaitkan tetapi tidak secara khusus, dalam hal pengawasan kami Disperindag terhadap aktivitas penjualan di pasar tradisional,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin