Berita Bekasi Nomor Satu

Enam Kampus di Bekasi Seminar dan Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Malaysia

Pembahasan kerjasama enam kampus Bekasi dengan pimpinan Kampus University Teknologi Malaysia. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Enam kampus di Bekasi  yang dikoordinir oleh Inkubator Pentahelix APTISI Korwil IV A Bekasi Karawang telah melaksanakan Seminar Internasional di Multimedia University (MMU) Cyberjaya, Selangor.

Keenam kampus tersebut, yakni Sekolah Tinggi Teknologi Bina Tunggal, Universitas Pelita Bangsa, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Pranata Indonesia, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Mercusuar, Universitas Panca Sakti, dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing Cipta Hadi Pranoto.

Multimedia University Cyberjaya, yang terletak di Silicon Valley Malaysia, menjadi tempat penyelenggaraan seminar dengan tema “Implementation of Sustainability Curriculum Integration in International Educational Cooperation.”

Dalam seminar ini, Direktur International Collaboration and Engagement/Senior Lecturer yang mewakili Rektor Multimedia University Cyberjaya, Selangor, Abdul Aziz Bin Ahmad, membuka acara.

Multimedia University Cyberjaya memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari enam kampus di Bekasi untuk melakukan studi gratis selama satu semester di MMU Cyberjaya sebagai tindak lanjut dari seminar dan kerjasama.

Selain itu, MMU Cyberjaya juga menyediakan biaya bagi dosen untuk melanjutkan studi program doktoral dengan biaya khusus bagi enam kampus yang bekerjasama dengan MMU Cyberjaya.

“Tujuan dari seminar ini adalah merumuskan pola kurikulum internasional dalam implementasi MBKM di kampus Bekasi dalam kerjasama perguruan tinggi internasional. Kurikulum ini diharapkan dapat terintegrasi sebagai inovasi dan keunggulan institusi pendidikan,” ungkap  Koordinator Inkubator Pentahelix APTISI Korwil IV A Bekasi Karawang, Benny Tunggul.

Seminar internasional dihadiri oleh perwakilan dari Kampus MMU Cyberjaya dan enam kampus di Bekasi. Pembahasan melibatkan implementasi MBKM dengan redisain kurikulum dan reorientasi kurikulum melalui kerjasama perguruan tinggi internasional. Enam kampus di Bekasi juga berperan sebagai narasumber, membahas berbagai topik materi.

BACA JUGA: Lulusan Universitas Bina Insani Dibekali Banyak Hal Baik  

Disamping melaksanakan Seminar Internasional, keenam kampus di Bekasi menjalin kerjasama dengan University Teknologi Malaysia, Kuala Lumpur. Kerjasama ini merupakan implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Deputy Dean Razak Faculty of Technology and Informatics University Teknologi Malaysia (UTM), Assoc Prof. Samira Albati Kamaruddin dan pengurus UTM menyambut kerjasama ini dengan baik.

Kunjungan kerjasama keenam kampus di Bekasi ke Universitas terkemuka di Malaysia dalam bidang Teknik, Sains, dan Teknologi ini menindaklanjuti kerjasama dengan Letter of Action Agreement (LOA) dengan Universiti Teknologi Malaysia. Hal ini mencakup pertukaran pelajar, diskusi akademik, seminar ilmiah, serta pengembangan kurikulum bagi kedua belah pihak.

Benny menekankan pentingnya meningkatkan kemitraan akademik dan tenaga pengajar, penelitian internasional, dan peran aktif institusi pendidikan dalam mewujudkan enam kampus Bekasi sebagai universitas terbaik di Indonesia.

“QS World University Rankings menunjukkan bahwa UTM dan Multimedia University Cyberjaya memiliki peringkat yang baik dalam skala internasional,” ujar Benny yang juga Koordinator Kunjungan Kerjasama Internasional tersebut.

Sebagai penutup, Benny menyatakan visi-misi kerjasama internasional ini bertujuan untuk membentuk International Student Forum untuk keenam kampus Bekasi dan UMM Cyberjaya. (oke)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin