Berita Bekasi Nomor Satu

63 Ribu Pemilih Pemula Ditarget Ber-KTP

REKAM DATA : Warga melakukan perekaman E- KTP di Kantor Disdukcapil, Kota Bekasi belum lama ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemkot Bekasi menargetkan perekaman KTP-El untuk pemilih pemula sebanyak 63.115 orang rampung dilaksanakan tahun ini. Angka tersebut berdasarkan target Data Penduduk Potensial Pemilih Pemula (DP4) yang berasal dari Ditjen Dukcapil kementrian dalam negeri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Taufiq Rachmat Hidayat menyampaikan, bahwa target perekaman dilakukan dengan sejumlah cara.

“Target perekaman dipecah sesuai dengan nama sekolah di dalam dan di luar Kota Bekasi,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (4/12).

Sementara untuk perekaman sekolah Kota Bekasi, dilaksanakan kegiatan jemput bola ke sekolah SMA atau sederajat dengan inovasi Perekaman Pemula Bagi Pemula di Sekolah (Mantel Gadis).

“Untuk sekolah kota Bekasi kami lakukan dengan kegiatan jemput bola, jadi inovasinya adalah “Mantel Gadis” dimana perekaman dapat dilakukan disekolah masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, perekaman di luar kota Bekasi juga dapat dilaksanakan dengan sistem jemput bola, yang dilakukan disetiap kecamatan melalui undangan kepada setiap siswa sesuai dengan alamat domisili.

“Untuk sekolah di luar Kota Bekasi, dilaksanakan Jemput Bola di setiap kecamatan melalui undangan kepada setiap siswa sesuai alamat domisili,” tuturnya.

Sistem jemput bola ini dilakukan agar target perekaman KTP-El bagi para pemula sebanyak 63.115 orang, dapat terpenuhi dan tentunya para pemilih pemula dapat ikut serta dalam kegiatan pemilihan.

“Fasilitas jemput bola ini kami lakukan agar terpenuhi target perekaman KTP-EL, karena biasanya para pemuda ini agak sungkan atau menunda untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP),” jelasnya.

Dimana syarat bagi perekaman KTP-EL untuk pemula sendiri cukup mudah, yaitu sudah berusia 17 tahun, memiliki akta kelahiran, memiliki kartu keluarga, dan tinggal mengisi Formulir Pendaftaran Peristiwa Kependudukan (F.1.02).

“Syaratnya cukup mudah makanya kita bekerjasama dengan sekolah-sekolah, agar mereka para pemula sudah memiliki KTP-EL saat usia nya sudah terpenuhi,” ucapnya.

Diketahui menurut data yang dihimpun Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, dari target perekaman 63.115 orang. Saat ini yang sudah melakukan perekaman sebanyak 33.347 orang, dan yang belum melakukan perekaman sebanyak 29.768 orang.

“Jadi kurang lebih sekitar 52,83 persen pemula sudah melakukan perekaman, ini masih kami terus lakukan inovasi jemput bola. Agar target yang ada dapat terpenuhi dengan baik,” pungkasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin