Berita Bekasi Nomor Satu

Waspada, BMKG Prediksi Potensi Cuaca Ekstrem Periode Natal dan Tahun Baru

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat dengan Kementerian Perhubungan dan KNKT di Jakarta, Selasa (19/12/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

 

 

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Masyarakat diminta untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dilansir dari Antara pada Rabu (20/12/2023), Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa terdapat potensi hujan lebat disertai angin kencang di wilayah Indonesia selatan pada periode Natal dan Tahun baru 2024, sehingga dirinya meminta masyarakat untuk waspada.

BACA JUGA: Seharusnya Musim Hujan, Tapi Cuaca Panas Banget, Begini Penjelasan BMKG

“Waspadai untuk wilayah Indonesia bagian selatan, termasuk Jawa dan Sumatera bagian selatan itu, setelah Natal hingga sampai setelah tahun baru, awal bulan. Itu potensi hujan lebat bisa sampai cuaca ekstrem dapat disertai angin kencang,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya di Jakarta, seperti yang dikutip dari Antara pada Rabu (20/12/2023).

Selain itu, Kepala BMKG tersebut mengatakan bahwa sebelum perayaan Natal dan Tahun Baru juga harus diperhatikan potensi cuaca ekstrem yang terdapat di wilayah utara Indonesia. terutama yang berbatasan dengan daerah khatulistiwa.

“Namun, sebelum Natal, perlu kewaspadaan di wilayah Indonesia bagian utara, terutama di Utara khatulistiwa, Sumatera Utara, Aceh, dan Kalimantan,” tambahnya.

BACA JUGA: Suhu Panas Landa Indonesia Gara-gara Ini Penyebabnya Versi BMKG

Menurutnya, cuaca ekstrem tersebut merupakan dinamika atmosfer akibat letak Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudera.

Tak hanya cuaca ekstrem, Dwikorita juga menambahkan bahwa selama periode Natal dan Tahun Baru kali ini, terdapat potensi gelombang tinggi di Samudera Hindia, Pasifik, dan Selat Sunda.

Oleh karena itu, pihak BMKG mengimbau kepada perusahaan pelayaran, angkutan penyeberangan, nelayan, dan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

BACA JUGA: BMKG Sebut Siklon Tropis 98S Landa Wilayah Ini, Waspada Angin Kencang dan Hujan Lebat

Dalam keterangannya tersebut, Dwikorita menyampaikan bahwa masyarakat bisa mengakses informasi lengkap terkait cuaca melalui platform yang disediakan BMKG, yakni aplikasi @infobmkg. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin