Berita Bekasi Nomor Satu

Pengelolaan Parkir Ruko Sentra Niaga Kalimalang Diambil Alih Mitra Patriot, Belum Ada Palang Pintu Otomatis dan Karcis Ditulis Manual

Pengendara memasuki area Ruko Sentra Niaga Kalimalang yang belum dilengkapi palang parkir otomatis. DOKUMEN/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pengelolaan parkir Ruko Sentra Niaga Kalimalang kini telah dipegang PT Mitra Patriot (Perseroda). Namun sejak beralihnya pengelolaan parkir tersebut pada akhir November lalu, salah satu badan usaha milik Pemkot Bekasi ini belum membangun infrastruktur yang memadai.

Antara lain belum adanya palang pintu otomatis dan tiket parkir yang masih ditulis manual oleh petugas yang berjaga. Petugas jaga pun belum menggunakan seragam.

Menanggapi hal ini, Kepala Divisi Parkir, Reklame, dan UMKM PT Mitra Patriot, Indra Purwaka menjelaskan, pembangunan sejumlah infrastruktur parkir masih sedang berlangsung. Dia menekankan, pembangunan palang parkir membutuhkan waktu yang tak sebentar karena harus sejalan dengan pemasangan jaringan kabel.

“Nanti bertahap, satu minggu nih baru kita targetkan pemasangan alat,” katanya.

Indra menyampaikan, PT Mitra Patriot resmi mengambil alih pengelolaan area parkir pada 28 November 2023. Sebelumnya pengelolaan parkir berlangsung manual.

DPRD Kota Bekasi Soroti Pendapatan Retribusi Parkir Jeblok

Indra menargetkan sejumlah infrastruktur utama, seperti palang parkir otomatis sudah terpasang dan beroperasi pada awal tahun. Target tersebut seperti yang dimandatkan Pemkot Bekasi yang menginginkan tata kelola parkir menuju sistem manless atau sistem parkir otomatis sesuai konsep pembangunan Smartcity. Sistem ini membuat pembayaran tidak lagi menggunakan uang fisik atau menggunakan sistem Clcashless.

“Kita targetkan di awal Januari on semua,” ungkapnya.

Beberapa strategi telah disusun mulai dari mensosialisasikan sistem pembayaran, hingga mensiagakan petugas di pintu keluar pada awal operasional.

Sesuai dengan kondisi saat ini, tidak ada 17 pintu parkir di area tersebut, terdiri dari 8 pintu masuk dan 9 pintu keluar. PT Mitra Patriot akan mengkaji simulasi parkir di area Sentra Niaga Kalimalang, kemungkinan tidak semua pintu akan dioperasikan.

“Kalau memang (semua) perlu diaktifkan, kita aktifkan. Semisal Double Gate (berdekatan), lebih baik kita aktifkan salah satunya saja,” tambahnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin