Berita Bekasi Nomor Satu

Pelaporan RKAS Dana BOS Bulanan Kurangi Kesalahan

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SDN Jatiasih X Kota Bekasi asik bermain di halaman sekolah pada saat jam istirahat. Laporan RKAS untuk BOS sejak tahun anggaran 2023 dapat disusun setiap bulan oleh masing-masing satuan pendidikan. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Laporan Rancangan Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) untuk Dana Bantuan Operasional (BOS) sejak tahun anggaran 2023 dapat disusun setiap bulan oleh masing-masing satuan pendidikan.

“Untuk tahun anggaran 2023, laporan penggunaan dana BOS terutama yang berkaitan dengan kas dan belanja modal sudah bisa dilakukan setiap bulan,” ujar Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan pada Disdik Kota Bekasi, Taufik, kepada Radar Bekasi, Kamis (11/1/2024).

Sebelumnya, pelaporan penggunaan dana BOS dilakukan setiap enam bulan atau per semester. Dengan pelaporan setiap bulan, dapat meminimalisir kesalahan.

“Kalau enam bulan sekali, kami hanya bisa kontrol pada saat itu saja. Tapi jika pelaporannya setiap bulan, maka tingkat kesalahannya bisa lebih diminimalisir dan kerjanya juga jadi lebih enak, karena sekolah tidak banyak melakukan perbaikan,” tutur Taufik.

Dia menjelaskan bahwa kesalahan biasanya terjadi dalam kelengkapan administrasi, seperti lupa unggah bukti transaksi melalui aplikasi.

“Kesalahan itu kebanyakan dari segi kelengkapan administrasi, karena semua bukti transaksi harus di upload ke aplikasi dan biasanya ada saja beberapa sekolah yang tidak melakukan,” terang Taufik.

BACA JUGA: Sekolah Swasta di Bekasi Wajib Patuhi Prioritas Penggunaan Dana BOS

Sementara, Operator SDN Jatiasih IV Kota Bekasi, Surya, menyatakan bahwa pada tahun anggaran 2023 terdapat kemajuan dan kemudahan dalam sistem pelaporan penggunaan dana BOS.

“Memang sekarang ada kemajuan dan kemudahan untuk pelapor penggunaan dana BOS setiap bulannya, sehingga bisa dicicil,” bebernya.

Surya menilai bahwa sistem pelaporan saat ini mempermudah operator dalam menyiapkan dokumen dan jika terdapat kesalahan, perbaikan dapat dilakukan lebih cepat.

“Lebih mudah dan cepat seperti pelaporan penggunaan anggaran dana BOS Desember lalu, saat ini sudah dibuat dan jika ada kesalahan, maka bisa dilakukan perbaikan pada hari itu juga,” tandasnya.

Surya menjelaskan bahwa setiap bulan dilakukan pemeriksaan kelengkapan bukti-bukti, termasuk data persediaan barang hingga pemeriksaan belanja modal dalam pelaporan penggunaan dana BOS.

“Setiap bulan itu banyak aspek-aspek yang diperiksa dalam pelaporan penggunaan dana BOS,” pungkasnya. (dew)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin